Nonda ZUS Smart Tire
Dibalik fisik kecilnya tersimpan sensor tekanan udara

Tekanan angin pada ban tidak boleh terlalu tinggi dan terlalu rendah, sebab hasil studi menunjukkan tekanan yang tidak sesuai meningkatkan potensi kecelakaan hingga 3 kali lipat. Setidaknya itulah yang dikatakan Nonda kala memperkenalkan ZUS, sebuah pentil ban yang mengusung fitur canggih.

ZUS merupakan pentil ban untuk mobil yang di dalamnya terdapat sensor untuk mengukur tekanan udara secara real-time. Empat sensor masing-masing untuk satu roda, ZUS terhubung ke receiver secara nirkabel dan langsung melaporkan detail ke smartphone pengguna.

Nonda ZUS Smart Tire
Empat buah lampu LED mewakili kondisi ban

Bukan cuma tekanan udara, kebocoran kecil akibat paku yang menancap menyebabkan tekanan ban berkurang secara perlahan sehingga sulit diketahui pengemudi. ZUS dapat mendeteksinya dan segera melaporkan ke pengemudi.

Bagaimana jika pentil ban dicuri? Nonda telah memasang sistem pengunci pada sensor sehingga tak mudah dibuka oleh orang asing. Selain itu sensor telah mendapat sertifikat water resistance IP67 sehingga tidak perlu khawatir saat melewati genangan air bahkan banjir.

Nonda ZUS Smart Tire
Mengantisipasi kebocoran kecil sebelum kondisi kian parah

Baterai internal di dalam sensor mampu bertahan selama 1 tahun dengan kondisi 3 jam mengemudi per hari. Apabila habis, baterai harus diganti dengan yang baru. Sementara pada baterai receiver dapat diisi ulang melalui port USB. Di samping itu baterai receiver bersifat reversible yang berarti dapat kamu manfaatkan sebagai powerbank.

Nonda membuka penjualan ZUS di laman Indiegogo dengan tawaran harga Rp 1.3 juta. Rencananya produk akan dikirim pada Agustus mendatang.