Zera Food Recycler

Sisa makanan entah banyak atau sedikit hampir pasti memiliki nasib yang sama, berakhir di tempat sampah setelah tidak dimakan lagi.

Rata-rata orang memiliki sekitar 100 kilogram sisa makanan dalam setahun. Angka yang cukup fantastis dan akan menjadi masalah bagi lahan hijau.

Perusahaan berbasis di Amerika Serikat merilis perangkat daur ulang untuk rumah yang mampu mendaur ulang sisa makanan menjadi pupuk.

Zera Food Recycler
Mengubah sisa makanan menjadi suatu hal yang berguna

Dinamakan Zera, perangkat ini diciptakan dari latar belakang keinginan untuk mengurangi jumlah sampah sisa makanan yang banyak berserakan di lahan penimbunan.

Cara kerja Zera terhitung sederhana. Cukup masukan sisa makanan ke dalam wadah yang disediakan, ketika dirasa sudah cukup aktifkan proses transformasi, kemudian dalam 24 jam pupuk organik sudah terkumpul dan bisa langsung digunakan.

Zera Food Recycler
Wadah yang tersedia sanggup menampung sisa makanan dalam 7 hari

Di saat yang sama perangkat ini juga terhubung dengan smartphone sehingga memungkinkan kontrol dari jarak jauh.

Namun perlu dicatat Zera juga memerlukan bahan tambahan yang telah disediakan pihaknya. Bahan-bahan tersebut antara lain sabut kelapa, baking soda, dan bahan organik lainnya.

Zera Food Recycler
Sayangnya untuk saat ini Zera hanya menerima pre-order dari domisili Amerika Serikat

Zera Food Recycler menyabet penghargaan Eco-Design and Sustainable Technologies, Tech for a Better World, dan Home Appliances pada ajang CES 2017 beberapa waktu lalu.

Zera sedang dalam tahap crowdfunding, versi super early bird dibanderol $699 dan untuk saat ini pemasaran hanya untuk wilayah Amerika Serikat saja. Pihaknya belum memberikan informasi kapan perangkat ini akan tersedia di negara lain.

Sumber: Zera via CNET