Yamaha e-bike
Terdapat empat unit sepeda listrik yang dipamerkan Yamaha di ajang Interbike Show

Yamaha lebih dikenal sebagai produsen sepeda motor, tetapi perusahaan ini sudah memproduksi sepeda listrik sejak 1993 di Jepang dan telah terjual lebih dari 2 juta unit di negara asalnya. Melalui ajang Interbike Show di Las Vegas yang berlangsung minggu ini, Yamaha Motor Corp USA memamerkan jajaran baru sepeda listrik besutannya.

Terdapat empat unit sepeda listrik Yamaha yang dipamerkan, diantaranya UrbanRush, CrossCore, CrossConnect, dan YDX-TORC. Semua varian tersebut disesuaikan untuk beberapa kebutuhan seperti berkendara di jalan raya, olahraga, hingga melewati jalur terjal seperti di gunung.

Yamaha e-bike
Meski sepeda listrik, namun tetap mengharuskan pengendaranya mengayuh pedal

Sistem motor listrik berada di crank dekat pedal sehingga tampak seperti sepeda biasa. Yamaha mengusung kemampuan assist Class 1, artinya motor listrik hanya memberikan bantuan dorongan saat dikayuh, namun tidak bisa dijalankan sendiri. Pengendara sepeda bisa menempuh jarak yang lebih jauh dengan tenaga yang lebih sedikit.

Kecepatan motor listrik dibatasi maksimal 32 kilometer per jam. Artinya jika kamu mengendarai sepeda di atas kecepatan tersebut, maka tidak ada assist yang diberikan. Utilitas seperti lampu hingga speedometer juga hadir pada varian sepeda ini.

Yamaha belum membagikan banyak detail seputar empat produk sepeda listrik terbarunya ini. Namun pihaknya berjanji untuk meluncurkannya pada Desember mendatang, dengan target pasar utama Amerika Serikat dan Jepang.