Xiaomi Mi Laser Projector
Ingin miliki home theater di rumah dengan budget "seadanya"? Mungkin Xiaomi bisa jadi pilihan

Ketika peralatan dan instalasi home theater memakan biaya yang tidak sedikit, raksasa elektronik asal China hadir dengan penawaran yang terjangkau. Perusahaan tersebut tak lain adalah Xiaomi, pihaknya mengumumkan proyektor laser yang menanamkan teknologi setara bioskop, namun tidak menguras isi ATM.

Mi Laser Projector merupakan hasil kolaborasi Xiaomi dengan Mijia. Proyektor ini memanfaatkan laser berjenis ALPD 3.0 yang dikembangkan oleh Appotronics, perusahaan yang menyediakan teknologi laser untuk 90 persen bioskop di China.

Alhasil tingkat kecerahan dapat mencapai 5.000 lumens, dengan kontras rasio 3.000:1. Gamut yang lebih lebar memungkinkan gambar tampil lebih tajam sembari menjaga kualitas warna tetap sempurna.

Xiaomi Mi Laser Projector
Proyeksi laser sangat populer di studio bioskop berkat akurasi warnanya

Dengan dimensi proyektor sebesar 410 x 291 x 88 milimeter sanggup memproyeksikan visual hingga diagonal 150 inci. Mi Laser Projector dapat ditempatkan di tembok atau di atas meja dengan syarat tidak berjarak lebih dari 50 inci dengan target layar.

Unit proyektor sudah memiliki speaker bawaan, tiga buah port HDMI, satu port USB 3.0, satu port jaringan (LAN), serta audio dan video output. Sementara kendali dapat menggunakan remote sederhana yang hanya berisikan beberapa tombol.

Xiaomi Mi Laser Projector
Sistem audio dari Dolby dan DTS HD

Teknologi laser menawarkan tingkat kecerahan yang lebih baik, proses startup yang cepat, hemat energi, dan masa pakai yang lebih panjang. Xiaomi menyebutkan proyektor ini dapat beroperasi 25.000 jam. Angka tersebut setara dengan 17 tahun dengan 4 jam penggunaan per hari.

Xiaomi tetap menjaga kultur perusahaannya demi menghadirkan perangkat yang terjangkau lebih banyak orang. Dengan performa layaknya bioskop, Xiaomi Mi Laser Projector dibanderol kurang dari $1.500 USD, atau tak lebih dari Rp 20 juta per unitnya.

Xiaomi Mi Laser Projector
Walaupun tidak ada kejelasan kapan proyektor tiba di Indonesia, namun kebanyakan produk Xiaomi tersebar cukup cepat

Xiaomi telah membuka penjualan pada 4 Juli hari ini di China, namun belum ada kepastian kapan akan tersedia secara global atau Indonesia.