Drone Penyelamat
Pertama kalinya drone selamatkan pengunjung pantai dari potensi tenggelam (credit: Scoop)

Sebuah drone berhasil menyelamatkan dua orang remaja yang sedang berenang di pantai utara Australia. Video penyelamatan tersebut terekam oleh kamera bawaan drone dan sempat menjadi viral di negara tersebut.

Drone penyelamat ini bernama Little Ripper UAV yang digunakan pemerintah New South Wales sebelumnya dirancang sebagai drone pendeteksi hiu. Spesifikasi drone jauh di atas produk sejenis sebab akan ditugaskan untuk membawa muatan untuk menyelamatkan pengunjung pantai, dalam hal ini yang digunakan adalah rakit darurat.

Dalam video itu terlihat dua remaja terombang-ambing agak jauh dari pesisir. Pengunjung pantai lainnya yang melihat kejadian itu langsung meminta pihak penjaga pantai untuk menyelamatkan mereka. Segera, drone dioperasikan sambil membawa rakit darurat dan dijatuhkan tepat di dekat dua remaja itu.

Rakit langsung mengembang serta memastikan mereka tidak tenggelam. Proses penyelamatan ini berlangsung selama 70 detik. Sedangkan jika menugaskan penjaga pantai manusia, bisa memakan waktu tiga kali lebih lama. Penyelamatan ini, menurut otoritas setempat adalah yang pertama di dunia.

Ke depannya, drone akan dibekali kecerdasan buatan untuk mendeteksi kehadiran hiu dan memberi sinyal untuk segera kembali ke darat. Selain itu, pihak perancang mengatakan drone suatu saat akan bekerja 24 jam secara independen.

Berikut video singkat aksi penyelamatan oleh drone: