Source Water
Air minum gratis setiap hari?

Mayoritas pemukiman di perkotaan membeli air minum secara rutin untuk kebutuhan harian. Air tersebut umumnya bersumber dari mata air yang disaring sehingga layak minum. Tetapi, tahukah kamu bahwa udara juga bisa dijadikan sumber air bersih?

Perusahaan asal Arizona, Zero Mass Water menciptakan alat bernama Source yang dapat mengambil butiran air dari udara.

Source berbentuk seperti panel surya, namun hanya bagian tengah yang merupakan fotovoltaik. Sementara di sisi kiri dan kanannya adalah penyerap kelembaban udara. Sinar Matahari berperan ganda sebagai penyedia listrik dan membantu proses pengembunan yang mirip pada daun.

SOURCE array
Source dipasang di atap atau halaman rumah yang tidak menghalangi sinar Matahari

Air dari udara tersebut dikumpulkan pada penampungan untuk disterilkan (pH) otomatis agar layak minum. Pihak perusahaan mengatakan komposisi air sudah mengikuti standar yang ditentukan Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA).

Source memiliki panel surya sendiri sehingga tidak perlu terhubung ke jaringan listrik rumah. Jika cuaca mendung atau malam hari, baterai internal akan bekerja menggantikan panel surya.

Source Zero Mass Water
Air dari Source bisa dialirkan ke dispenser atau wastafel

Satu unit panel Source dapat menghasilkan hingga 10 liter air per hari. Namun jumlahnya bervariasi tergantung cuaca dan musim. Misalnya produksi air pada musim panas lebih tinggi dari musim dingin sebab Matahari hampir selalu muncul di langit. Atas dasar ini, Source sangat disarankan di daerah kering yang kesulitan air bersih.

Saat ini Source dijual seharga $2.000 USD atau Rp 27 juta. Mungkin kamu akan mengira harga ini sangat tinggi, namun kamu mendapat jaminan ketersediaan air setiap air. Selama udara masih ada dan Matahari tetap terbit, tidak perlu khawatir akan kehausan.

Video penjelasan detil soal Zero Mass Water Source: