HP Laptop
Lebih dari 460 tipe laptop HP terpasang keylogger tanpa sadar

Keylogger adalah program penyusup yang mencatat semua yang kamu lakukan di komputer. Biasanya keylogger mengincar data pribadi seperti email & password, rekening bank, dan informasi sensitif lainnya. Data yang berhasil dicuri akan digunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab, dan korban pasti sangat dirugikan.

Kabar buruk bagi pengguna laptop Hewlett-Packard (HP), pasalnya seorang peneliti komputer, Michael Myng menemukan masalah keamanan pada produk laptop tersebut. Kemudian ia melaporkannya pada pihak HP untuk segera diperbaiki.

Melalui tulisan di blognya, program jahat itu tidak akan aktif sampai seseorang yang mengaktifkannya. Anehnya, program ini sudah terpasang secara bawaan di lebih dari 460 tipe laptop HP. Besar kemungkinan program terpasang saat laptop sedang diproduksi di pabrik.

Jajaran Envy, Pavilion, EliteBook, ProBook, hingga Spectre tidak lepas dari keylogger ini. Beruntung HP cepat merespon email Myng, sehingga patch bisa segera dirilis demi mengurangi potensi kejahatan pencurian identitas penggunanya.

Jika kamu pengguna HP, kunjungi halaman HP Customer Support HPSBHF03564 rev 1 untuk mengunduh patch atau update keamanan terbaru. Pastikan tipe laptop sesuai dengan yang kamu gunakan. Untuk mempermudah, gunakan fitur pencarian pada peramban (CTRL+F) dengan menuliskan tipe laptop.