Selain menjadi alat bantu penglihatan, kacamata juga didesain memiliki karakteristik bentuk yang stylish. Banyak pengguna kacamata yang berlomba-lomba memiliki kacamata yang elegan, namun di saat yang sama juga memiliki nilai estetika.
Mungkin kamu pernah mendengar rencana Google yang akan merilis Google Glass, sebuah perangkat komputer yang ditempelkan pada kacamata. Nantinya si pemakai dapat melihat layar kecil dari sudut pandangnya.
Namun, perangkat canggih ini belum rampung. Masih harus menunggu lagi untuk batas waktu yang belum ditentukan.
Di masa-masa seperti inilah, pesaing hadir membawa perangkat yang mirip dengan Google Glass, namanya adalah Vufine.
Eksklusif untuk Pemakai Kacamata
Vufine, si Pesaing Google Glass
Vufine ditujukan bagi mereka yang menggunakan kacamata. Lengan kacamata menjadi wadah untuk menempelkan wearable device ini menggunakan magnet. Ia hampir kompatibel dengan berbagai desain kacamata.
Vufine, si Pesaing Google Glass
Dengan mengikuti posisi kacamata, maka Vufine akan selaras dengan sudut pandang. Vufine juga sangat mudah dipasang maupun dilepas apabila tidak digunakan.
Berbeda dengan Google Glass yang merupakan perangkat komputer, Vufine hanya sebagai media untuk mengirimkan video secara real-time dari action camera maupun layar smartphone. Perangkat ini menggunakan kabel HDMI sebagai koneksi.
Vufine, si Pesaing Google Glass
Hasilnya, tampilan layar akan terlihat di layar kecil di bagian kanan atas. Kualitas sinyal HDMI menjangkau resolusi 720p.
Vufine juga kerap digunakan oleh para pilot drone. Mereka menghubungkan kamera drone dengan smartphone yang kemudian disalurkan ke Vufine sehingga si pemakai bisa langsung melihat video rekaman dari drone.

Pesaing Google Glass, Namun Masih Cukup Jauh

Vufine, si Pesaing Google Glass
Menariknya, Vufine sendiri sempat membandingkannya dengan Google Glass. Meski sama-sama digunakan pemakai kacamata, faktanya kedua perangkat ini berbeda cukup jauh.
Vufine, si Pesaing Google Glass
Vufine sejatinya hanya untuk mentransmisikan tampilan layar saja, ia menambah objek baru dalam pandangan mata manusia. Sedangkan Google Glass adalah perangkat komputer yang tentu saja jauh lebih kompleks.
Google Glass memiliki sejumlah fitur yang tak dimiliki Vufine seperti kamera, Bluetooth, WiFi, mikrofon, sensor cahaya, memori penyimpanan, serta sistem operasi Android.
Mengenai harganya, Vufine memang sangat sangat terjangkau, yakni berkisar $150 saja. Bandingkan dengan Google yang dijual $1500.

Vufine 10 kali lebih murah ketimbang Google Glass, namun dengan konsekuensi fitur yang tidak sehebat karya Google. Ingin memilikinya?