Volvo, Volvo electric, Volvo EV
Tidak ada lagi mobil BBM yang diproduksi Volvo

Perusahaan otomotif asal Swedia, Volvo mengumumkan bahwa pihaknya akan menghentikan produksi mobil berbahan bakar fosil pada 2019 mendatang dan mereka akan menggantinya dengan mobil elektrik atau mobil elektrik hybrid. Setelah tahun itu mobil BBM berlabel Volvo hanya akan jadi sejarah.

Komitmen ini diutarakan oleh Hakan Samuelsson sebagai CEO Volvo. “Kami bertekad menjadi produsen mobil premium pertama yang memindahkan semua portofolio kendaraan ke elektrifikasi” ujar Samuelsson dalam pernyataannya.

Volvo, Volvo electric, Volvo EV
Volvo sebelumnya sudah meluncurkan mobil hybrid dengan opsi bahan bakar minyak dan baterai

Antara 2019 hingga 2021 Volvo berencana meluncurkan tiga mobil elektrik beserta dua mobil listrik lainnya dengan performa tinggi yang dinaungi brand Polestar. Semua hybrid baru akan menggabungkan mesin diesel twin-engine dan mesin elektrik ringan 48 volt.

Volvo juga menargetkan untuk menjual satu juta mobil elektrik pada 2025. Komitmen ini juga sebagai tanggungjawab Volvo atas pembuangan zat karbon oleh mobil produksinya, sekaligus berkontribusi memperbaiki kualitas udara di kota.

Sebelumnya Volvo juga sudah menandatangani kerjasama dengan Nvidia dalam rangka pengembangan mobil listrik. Nvidia diketahui memiliki super komputer yang sangat diincar oleh para pelaku otomotif.

Berikut video pernyataan CEO Volvo, Hakan Samuelsson: