Volterman Wallet
Volterman, dompet yang bisa tahu siapa yang mencurinya

Dompet yang ada sekarang terlihat sama dengan dompet 100 tahun yang lalu. Beberapa startup mulai mengembangkan dompet jenis baru yang tetap menjaga fungsi utamanya sekaligus menambah fitur hingga peningkatan keamanan. Pada akhirnya kita sangat familiar dengan istilah smartwallet (dompet pintar).

Dompet bernama Volterman memiliki fitur keamanan yang tidak biasa. Startup asal Amerika Serikat ini menyematkan kamera yang dapat memotret seseorang yang mencuri dompet. Selanjutnya GPS pada dompet menginformasikan posisi dompet ke smartphone pemilik.

Kamera akan aktif dalam Lost Mode, dimana ketika dompet membuka langsung mengambil gambar tanpa disadari. Menarik, foto dapat dikirim melalui internet berkat kartu SIM yang dapat dipasang di dalamnya. Dengan begitu kamu tetap tahu detil wajah pelaku meski berjauhan.

Volterman Wallet
Kamera kecil yang tidak mudah terlihat. Bahkan orang-orang pun tidak akan berpikir bahwa dompet memiliki kamera

Volterman pun dapat bertindak sebagai WiFi hotspot. Pihaknya mengatakan dompet dapat terhubung secara otomatis pada jaringan internet di 98 negara. Internet akan tiga kali lebih murah dibanding roaming. Namun tarif untuk masing-masing negara tidak disebutkan secara detail.

Selain itu ketika dompet berada terlalu jauh, misal tertinggal, kamu akan menerima notifikasi via smartphone. Tentu juga ditampilkan lokasi dimana dompet berada. Fungsi GPS hanya berlaku jika baterai internal pada dompet masih tersisa. Volterman menyediakan tiga varian berbeda dengan kapasitas baterai masing-masing 2000 mAh, 2600 mAh, dan 5000 mAh.

Volterman Wallet
Baterai smartphone habis saat dalam perjalanan? Setidaknya masih ada dompet serbaguna

Dengan kapasitas sebesar itu Volterman bisa dijadikan sebagai power bank yang dapat mengisi daya smartphone, tersedia empat kabel pengisian berbeda di dalam paket penjualan. Tak perlu khawatir power bank mengambil daya lebih banyak sebab operasional dompet sendiri hanya memakan 10% dari total daya.

Selain kabel, pengisian untuk smartphone bisa dilakukan secara wireless. Sementara itu untuk mengisi baterai dompet memakan waktu sekitar 3 sampai 4 jam. Apabila kapasitasnya mulai menipis, kamu akan diberi sinyal pemberitahuan lewat smartphone.

Volterman Wallet
Ketiga varian mengusung teknologi yang sama: kamera, GPS, internet, WiFi hotspot, Bluetooth 4.0, power bank, RFID, dan waterproof

Satu unit Volterman ditawari mulai Rp 1.3 juta hingga Rp 2 juta bergantung versi. Harga tersebut mencapai setengah dari harga ketika produk sudah dipasarkan di retail. Bagi kamu yang berminat dapat mengunjunginya di halaman crowdfunding Indiegogo.

Berikut video tentang Volterman: