Vivo Xplay7
Video game berat bukan kesulitan bagi smartphone ini

Dengan layar OLED masif beresolusi 4K, RAM 10 GB, media penyimpanan internal 512 GB, serta sensor sidik jari di bawah layar, kira-kira smartphone apa yang pantas menyandang status tersebut? Bukan Apple, Samsung, atau Sony, justru datang dari produsen yang belum lama ini terjun ke dunia smartphone.

Manufaktur asal China, Vivo tampaknya yang akan mengusung smartphone ‘level dewa’ tersebut. Dijuluki Xplay 7, smartphone dengan layar bezel-less ini dibenamkan berbagai hardware canggih.

Menurut informasi yang diperoleh dari Fonearena, Xplay 7 merupakan kelanjutan dari Xplay 6 yang dirilis 2016 lalu. Sebagian spesifikasi smartphone bocor dari file presentasi PowerPoint.

Xplay 7 memiliki layar OLED 4K dengan rasio bodi 92,9 persen. Di samping itu terdapat kamera ganda dengan sensor Sony IMX yang menawarkan pembesaran optik sebanyak 4 kali. Dari segi dapur pacu, smartphone mengandalkan prosesor anyar Snapdragon 845 disertai RAM 10 GB. Selain itu, terdapat dua varian media penyimpanan, yakni versi 256 GB dan 512 GB.

Spesifikasi Vivo Xplay 7
Presentasi internal yang bocor ke publik

Spesifikasi ‘dewa’ Vivo Xplay 7 bakal meramaikan deretan smartphone flagship tahun ini. Jika benar bahwa perusahaan akan memboyong RAM 10 GB, maka itu akan menjadi yang pertama. Saat ini sudah ada sejumlah smartphone dengan RAM 8 GB, seperti OnePlus 5T, Xiaomi Mi Mix 2, dan Asus Zenfone AR.

Dari sektor keamanan, Vivo tampaknya hampir pasti menghadirkan sensor fingerprint bawah layar yang mana telah mereka perkenalkan pada CES 2018 lalu. Di samping itu, fitur face recognition 2.0 akan memudahkan pengguna mengakses ponsel. Dari render yang tersedia, fitur tersebut besar kemungkinan murni hanya mengandalkan visualisasi kamera.

Sementara untuk desain, Vivo Xplay 7 terlihat lumayan tipis untuk ukuran hardware kelas berat yang dibawanya.

Sayangnya tidak ada kepastian tanggal rilis dan harga dari perangkat ini. Di samping itu, kabar sementara menyebutkan penjualan smartphone hanya berfokus di China. Belum ada informasi lebih lanjut soal wilayah perilisan di negara lain, khususnya Indonesia.

Lantas, apakah spesifikasi Vivo Xplay 7 menarik perhatian kamu? Atau justru terlalu berlebihan untuk keperluan smartphone? Beri tahu opinimu di kolom komentar.