Timescope VR
Kamu bisa melihat detil masa lalu langsung di lokasi kejadian

Ada begitu banyak aplikasi teknologi Virtual Reality (VR) yang sudah tersedia saat ini. Termasuk media edukasi sejarah, seperti yang dilakukan Timescope di beberapa tempat bekas arena Perang Dunia I.

Tim pengembang menciptakan perangkat VR yang ditempatkan di luar ruangan, dimana pengunjung dapat menjajal alat tersebut dengan mudah. Tim pengembang dari Timescope menggunakan data sejarah akurat untuk membuat panorama 360 derajat.

Mereka mengambil foto saat ini yang kemudian dimodifikasi agar menampilkan kejadian masa lampau. Dalam proyek terbarunya di Monument des Fraternisations, Perancis mereka bahkan mengajak pakar sejarah Perang Dunia I untuk membantu rekonstruksi visual berdasarkan peta, foto, ilustrasi, dan data historis lainnya.

Timescope VR
VR ditempatkan di lokasi yang penuh cerita sejarah

Menurut perusahaan, VR ini tidak hanya menghadirkan sudut pandang masa lampau melainkan dapat dimodifikasi untuk menampilkan pemandangan di masa depan.

“Kami telah mengembangkan solusi dengan arsitek dan desainer untuk membuat pendekatan futuristis yang lengkap pada proyek tertentu,” kata perwakilan perusahaan, Adrien Sadaka.

Karena ditempatkan di luar ruangan, Timescope merancang VR agar tahan dari segala cuaca serta potensi vandalisme, seperti pengrusakan atau pencurian. Pengunjung dapat menikmati pengalaman VR secara imersif tanpa membayar. Tersedia layar sentuh untuk memilih garis waktu.

Perusahaan saat ini sedang memamerkan teknologinya di ajang CES 2018 di Las Vegas. Pihaknya menargetkan untuk memasang 100 VR di akhir tahun.