AMD x NVIDIA
Ternyata, perilisan AMD Ryzen Threadripper secara tidak lansgung juga menguntungkan NVIDIA

Kubu merah sebagai AMD dan kubu hijau mewakili NVIDIA. Kedua brand komponen komputer ini saling adu kekuatan. Kartu grafis AMD RX Vega digadang-gadang punya performa yang sebanding dengan NVIDIA GTX 1080. Meski keduanya akan bertarung di satu segmen, namun di segmen lain keduanya justru tampak akur.

AMD baru saja merilis prosesor Ryzen terbaru yang diberi nama Threadripper. Tidak lama berselang akun Twitter resmi NVIDIA GeForce memposting ucapan selamat kepada AMD atas peluncuran Ryzen Threadripper. Pada tweet tersebut juga disematkan foto kartu grafis GTX 1080. Berikut isi tweet-nya:

Spontan inisiatif NVIDIA mendapat respon positif dari para penggemarnya. Kemudian akun resmi AMD Ryzen membalasnya dengan animasi GIF yang menggambarkan dua orang melakukan high five alias tos tangan. Uniknya kedua orang itu memakai baju merah dan hijau yang seolah merepresentasikan warna dominan kedua kubu.

Teknologi terbaru yang diusung AMD diduga menjadi penyebab mengapa NVIDIA mengapresiasi Threadripper. Diketahui performa GTX 1080 masih terbatas akibat limitasi koneksi dengan CPU, namun kolaborasi dengan Threadripper akan mendongkrak performa GTX 1080 serta TITAN X.

Di sisi lain Intel Kaby Lake masih memiliki kelemahan dengan jalur antara prosesor dengan kartu grafis. Apalagi Ryzen sendiri menawarkan harga yang lebih kompetitif dan dirasa cocok apabila disandingkan dengan NVIDIA GeForce GTX.