Robot akrobat buatan Disney berpose di udara

Disney tidak sekedar menjalankan bisnisnya sebagai brand dibalik sejumlah film terkenal dan taman bermain. Industri hiburan tidak serta merta membuatnya sibuk memoles sisi artistik, namun juga memperkuat bidang teknis. Robot animatorik yang menghiasi Disneyland menjadi bukti bahwa pihaknya turut berkontribusi pada pengembangan teknologi, khususnya robotik.

Dilaporkan oleh TechCrunch, Disney tengah membuat robot stuntman yang dapat melakukan aksi akrobatik layaknya pemain sirkus yang melakukan lompatan indah.

Dijuluki Stuntronics. robot ini merupakan kelanjutan dari prototipe Stickman yang muncul Mei lalu. Hanya beberapa bulan berselang sudah terlihat improvisasi signifikan. Stickman pada awalnya hanya berupa berbentuk seperti dua tongkat yang disatukan dengan engsel, sementara Stuntronics sudah memiliki wujud lebih humanoid.

Stuntronics pada dasarnya memiliki kemampuan berpose di udara seperti pemain trapeze. Ia mampu berputar dan memamerkan gaya heroik yang cukup natural. Sejumlah sensor seperti accelerometer, gyrosscope, dan laser bertanggungjawab mengontrol tubuh robot berdasarkan orientasi.

Sebelumnya robot hanya bisa mendarat dengan punggung, namun kini bisa lebih dulu mengarahkan kakinya di titik pendaratan yang lebih kecil. Tidak seperti manusia, Stuntronics tetap akan terjatuh juga mengingat kemampuan untuk langsung berdiri setelah melompat dari ketinggian adalah sesuatu yang cukup menantang bagi pengembang robot.

Tahun lalu pengembang Boston Dynamics berhasil membuat robot buatannya bernama Atlas bisa berdiri seimbang usai melakukan salto.

Peneliti dari Disney Research mengungkap Stuntronics dapat beratraksi di hadapan pengunjung, bergaya di udara, sebelum akhirnya mendarat (atau terjatuh) kembali. Sayangnya belum ada kepastian terkait kapan teknologi ini diperlihatkan di khalayak umum di Disneyland.