Elon Musk Falcon Heavy
Musk terlihat tidak menyangka bahwa Falcon Heavy sukses meluncur

Pada 6 Februari 2018, hari bersejarah bagi dunia antariksa ditorehkan setelah roket Falcon Heavy milik SpaceX meninggalkan landasan peluncuran. Berbagai awak media dari seluruh dunia pun datang ke Kennedy Space Center untuk mengabadikan roket terkuat di dunia saat ini.

Selain ribuan karyawan SpaceX yang bergembira atas kesuksesan Falcon Heavy mengirim Tesla Roadster ke Mars, tentu saja Elon Musk sebagai pendiri dan CEO merasa takjub atas pencapaian tersebut.

Wartawan National Geographic yang berada di kantor SpaceX dalam rangka mempersiapkan film dokumenter Mars mengambil video reaksi Musk saat menyaksikan Falcon Heavy meluncur melalui layar monitor. Sesaat kemudian pria kelahiran Afrika Selatan itu langsung keluar untuk melihat langsung roket yang tengah mengudara.

“Astaga, benda itu meluncur!” seru Musk tidak percaya melihat roket meninggalkan landasan. “Lihat itu! Itu tidak nyata!” kata Musk saat side booster melepaskan diri dari booster utama.

SpaceX Falcon Heavy Booster
Dua booster mendarat sekaligus

Secara keseluruhan, peluncuran perdana Falcon Heavy berhasil, kecuali booster utama yang gagal mendarat di drone ship. Namun muatan berupa mobil pribadi Musk sudah mengangkasa.

Proyek Falcon Heavy diumumkan SpaceX pada 2011 lalu dengan target peluncuran 2013. Tetapi mengalami beberapa kali penundaan karena perusahaan kesulitan mendesain roket tersebut. Meski sekilas seperti tiga booster Falcon 9 yang disatukan, namun itu memberi efek berbeda saat diluncurkan, seperti tekanan aerodinamis, getaran, dan sebagainya.

“Kami telah mencoba membatalkan program Falcon heavy tiga kali di SpaceX, karena untuk membuatnya lebih sulit dari yang kami kira,” kata Musk dalam konferensi pers sesaat setelah Falcon Heavy menyelesaikan tugasnya.

Keberhasilan ini tentu sangat penting bagi SpaceX untuk mengembangkan wahana angkasa yang lebih kompleks, yakni Big Falcon Rocket yang direncanakan membawa manusia pertama di Mars pada 2024 mendatang.

“Ketika saya melihat roket meluncur, saya melihat ribuan hal berhenti bekerja, dan sangat luar biasa ketika (roket) itu melakukannya.” imbuh Musk.