Tesla Semi Public Road
Tesla Semi melaju kencang bak Lamborghini

Pada November 2017 lalu Tesla mengumumkan truk elektrik bernama Tesla Semi yang mampu menarik beban 36 ton untuk jarak tempuh hingga 800 kilometer. Selain itu, sebagai kendaraan elektrik, truk dijanjikan memiliki performa luar biasa dalam hal akselerasi melebihi semua truk diesel yang pernah ada.

Sebuah video amatir yang diunggah oleh seorang pengguna Youtube Richard Fiedler memperlihatkan Tesla Semi sedang melaju di sebuah jalanan umum.

Truk awalnya berjalan pelan di sebuah sisi jalan, lalu tiba-tiba berakselerasi dengan cepat meninggalkan Fiedler yang saat itu sedang merekamnya. Video berdurasi 10 detik ini bisa kamu saksikan sebagai berikut:

Tesla mengatakan akselerasi 0-100 km/jam dalam kondisi muatan kosong hanya memerlukan 5 detik, performa ini sangat mirip dengan sedan Model 3. Sedangkan akselerasi dengan beban maksimal 36 ton mencapai 20 detik.

Dalam video di atas terlihat pengemudi Tesla Semi menerobos batas kecepatan maksimal yang diizinkan di jalan itu yakni 25 mil/jam atau sekitar 40 km/jam. Jelas, menguji akselerasi pada daerah tersebut bukan pilihan yang ideal.

Tesla diketahui sedang melakukan pengujian di jalan publik, kawasan San Francisco. Warga sekitar juga beberapa kali melihat truk tersebut berlalu-lalang di jalanan.

Truk ini baru akan tersedia pada 2020 mendatang. Pemesan pertama tidak lain adalah Tesla sendiri yang akan membawa muatan dari Tesla Gigafactory di Nevada ke pabrik perakitan otomotif Tesla di Fremont.