AMD Radeon Vega
Mengusung nama Vega, kartu grafis ini akan bawa kejutan bagi Nvidia

nnnnnnnni AMD berhasil menundukkan Intel dalam kompetisi processor dengan merilis Ryzen yang diciptakan lebih kuat dari Intel i7 Skylake namun justru dibanderol setengah dari harga rivalnya. Perusahaan yang berbasis di California ini direncanakan segera merilis kartu grafis (VGA).

Arsitektur terbaru yang dijuluki Vega dibekali 64 compute units, kapasitas 16 GB dan bandwidth 480 GB per detik. Hasil kalkulasi AnandTech menyebut clock speed sekitar 1.59 GHz. Pihak AMD bahkan mengklaim Vega sebagai kartu grafis tercepat di dunia.

Menurut AMD, Radeon Vega Frontier Edition 30 persen lebih cepat dibanding Nvidia Tesla P100 dan setara dengan Nvidia Titan Xp. Tentu saja kartu grafis ini tidak ditujukan untuk gamer, melainkan untuk kalangan profesional misal render video dan pembuatan animasi.

AMD Radeon Vega
AMD tetap menyediakan Vega untuk gamer, namun dengan kemampuan yang disesuaikan

Tetapi tenang saja, AMD menjanjikan Vega juga akan dirilis dalam versi gaming dengan biaya yang lebih rendah namun membutuhkan waktu lebih lama untuk tiba ke pasaran.

Rencananya Vega akan dilepas akhir Juni mendatang, sementara spesifikasi detil beserta harga segera muncul pada pertengahan bulan. Sedangkan versi gamer kemungkinan Juli atau Agustus.

Apa kalian ingin segera memiliki VGA ini?