Lepas dari euforia Computex 2016, beragam reaksi muncul khususnya bagi kalangan pegiat hardware komputer yang penasaran terhadap beberapa keluaran VGA terbaru. Salah satunya ialah besutan Nvidia yang menerbitkan varian GTX tertinggi.
Performa GTX 1080 Founders Edition dan GTX 1070 Founders Edition terlihat memukau. Meskipun ia bakal dibanderol harga yang cukup tinggi, namun performa yang ditawarkan justru sangat menarik.
Bersamaan dengan itu, AMD sebagai rival berat Nvidia juga unjuk kekuatan dengan mengeluarkan RX 480 yang punya harga jauh lebih murah namun kekuatannya luar biasa. Lantas perbincangan seru antara pengguna AMD dan Nvidia semakin memanas.
Sejatinya X 480 adalah bagian dari VGA dengan kisaran harga rendah, nampaknya Nvidia juga tidak mau ketinggalan untuk maju di pasar VGA low price.
Penampakan VGA GTX 1060 Founders Edition baru-baru ini mencuat di salah satu toko di Hongkong. Tulisan “GTX 1060” semakin menguatkan dugaan rencana Nvidia untuk bersaing dengan RX 480.
Dilihat dari fisiknya, sekilas ia tidak jauh beda dengan seri GTX 1080 dan GTX 1070. Menurut info yang kami dapat, Nvidia GeForce GTX 1060 FE akan menggunakan GPU GP106 dengan 1280 CUDA cores.
Diperkirakan ia akan turun dengan kapasitas memori sebesar 6 GB, tetapi ada rumor yang mengatakan bahwa Nvidia berencana menawarkan versi 3 GB.
Saat ini GTX 1060 pun belum hadir di halaman resmi Nvidia. Spesifikasi detilnya pun belum diketahui dengan jelas.
Terlepas dari itu, ini akan menjadi persaingan sengit antara AMD dan Nvidia dalam ranah VGA murah.

Sumber: VideoCards