Dulu cukup bermodalkan kertas dari buku tulis kita sudah bisa membuat pesawat kertas. Meski sederhana namun terbukti berhasil mengisi masa kecil kita, bahkan sulit melupakan memori itu.

Saat ini permainan tradisional pesawat kertas belum punah. Lebih dari itu, implementasi teknologi modern hadir dalam mainan ini.

Adalah Shai Goitein, seorang mantan pilot sekaligus CEO & Founder PowerUp Toys menciptakan mesin kecil yang dipasang pada pesawat kertas.

PowerUp 3.0
PowerUp 3.0 memiliki satu baling-baling pendorong

Dengan bentuk yang sangat sederhana modul tersebut mampu menerbangkan pesawat lebih lama. Belum berhenti disitu, Goitein juga turut menerapkan kendali pesawat kertas via smartphone.

PowerUp 3.0
PowerUp menggunakan koneksi wireless untuk dikendalikan via smartphone

PowerUp 3.0 sendiri sukses meraup dana dukungan hingga 20 kali lipat dari targetnya ketika ia tampil pertama kali di etalase Kickstarter.

Ketika kreasinya mendapat popularitas terutama di kalangan orang yang ingin bernostalgia, akhirnya ia mendapatkan tawaran kerjasama dari perusahaan drone Parrot.

Kerjasama tersebut menghasilkan PowerUp FPV (first person view) dimana modul pesawat dilengkapi kamera untuk merekam atau streaming video ke layar smartphone kamu.

PowerUp FPV
Dengan adanya kamera, sensasi bermain jadi semakin menarik

Goitein dan timnya berusaha merancang PowerUp dengan bobot yang ringan dan aerodinamis. Dan terbukti hanya dengan pesawat kertas sudah cukup untuk menerbangkan modul elektronik tersebut.

Dari pantauan Sefsed, PowerUp 3.0 sudah masuk ke Indonesia dan bisa dijumpai dalam harga mulai Rp 400 ribuan per unit. Sementara PowerUp FPV belum terlihat kehadirannya di retail atau toko online lokal.

Bagaimana? Kamu tertarik?

Sumber: PowerUP Toys

 

BACA JUGA:  Rekor Baru! Robot Selesaikan Rubik Kurang 1 Detik