Rumah dengan desain minimalis sudah biasa, namun rumah minimalis buatan seniman sekaligus arsitek Alex Schweder dan Ward Shelley benar-benar unik.

Adalah ReActor, rumah  yang memanfaatkan sebuah tiang sebagai pondasi. Rumah sepanjang 13 x 2,4 meter ini berdiri tegak di ketinggian 4,5 meter. Namun yang unik, ia dapat berputar 360 derajat ketika diterpa angin.

ReActor Home
Seisi rumah nyaris dapat diketahui seluruhnya dari luar

Rumah tersebut sepenuhnya dibatasi kaca agar cahaya matahari dapat masuk dan menghangatkan ruangan. Di samping itu rumah bergaya unik ini memiliki kamar mandi, dapur, tempat tidur, kursi, toilet, dan rak penyimpanan.

Mungkin kamu mengira bahwa perputaran rumah akan mengganggu penghuninya. Namun Schweder membantah, perputaran sangat halus dan tidak membuat siapapun terganggu.

Hanya saja masalah terbesar timbul ketika penghuni mencoba keluar dari rumah.

ReActor Home
ReActor juga dapat miring

Duo arsitek ini tinggal di rumah selama lima hari pada 27-31 Juli lalu. Mereka berencana kembali tinggal untuk 24-25 September dan 06-10 Oktober mendatang.

Bukan tanpa alasan, proyek ReActor dijadikan media untuk mengeksplorasi bagaimana lingkungan dapat mempengaruhi hubungan sosial.

ReActor kini dipasang di Omi International Arts Center, di Ghent, New York.

Sumber: Omi International Arts Center