eRoadArlanda
Demi mengantisipasi ledakan popularitas mobil elektrik, pemerintah Swedia mulai membangun eRoadArlanda

Berbicara soal negara yang paling gencar melakukan transisi ke kendaraan ramah lingkungan, Swedia bisa dibilang sebagai salah satu yang cukup ambisius. Negara di Eropa ini baru saja membuka sebuah rel pengisi daya untuk kendaraan yang melintas di atasnya.

Dijuluki eRoadArlanda, proyek ini memakan waktu bertahun-tahun untuk dikembangkan agar layak digunakan. Secara umum, sebuah rel khusus ditanam di jalanan dimana melalui benda tersebut, listrik dialirkan ke mobil untuk mengisi daya sekaligus energi selama perjalanan.

Sedangkan mobil telah dilengkapi lengan kontak pada bagian bawahnya untuk terhubung dengan rel saat sedang melaju tepat di atasnya. Meski berada pada garis lurus, mobil masih bisa sedikit berbelok berkat desain lengan fleksibel. Namun pada manuver ekstrim atau berpindah jalur, lengan otomatis terangkat dari rel.

eRoadArlanda Road
eRoadArlanda saat sedang dibangun pada fase awal

Sebelumnya pemerintah Swedia bersama dengan Siemens telah membangun eHighway, fasilitas kabel yang dialiri listrik seperti pada kereta listrik, namun berada di jalan raya. Teknologi tersebut digunakan oleh truk yang telah dipasang pantograf.

Sementara itu eRoadArlanda cukup nyaman untuk digunakan oleh kendaraan pribadi yang fisiknya tidak setinggi truk.

Sistem ini telah diuji dan dipasang pada jalanan umum sepanjang 2 km sebagai tahap awal. Rel juga tahan gesekan, guncangan, dan air selama drainase berjalan sebagaimana mestinya.

Apabila menerima feedback positif, eRoadArlanda akan melakukan ekspansi hingga 20.000 km jalanan di Swedia serta memakan dana $9,5 miliar. Fasilitas ini semata-mata untuk memperkaya infrastruktur mobil elektrik yang diprediksi naik signifikan dalam beberapa tahun ke depan.

Berikut video tentang eRoadArlanda: