Astro Ukulele Price
Ukulele yang biasanya dibawa terpisah dari tas kini bisa masuk di saku

Ukulele adalah alat musik sejenis gitar yang telah eksis sejak ratusan tahun lalu. Dari sejak pertama ditemukan, tidak banyak perubahan yang terjadi pada alat musik petik tersebut hingga sekarang, termasuk bentuknya yang masih bongsor dan terlalu memakan ruang.

Sebuah startup menawarkan Astro Ukulele yang lebih modern dan improvisasi dari segi desain. Menurut perusahaan, benda tersebut dapat dilipat hingga nyaris setengah dari ukuran aslinya.

Ukulele tersebut memiliki rentang 21 inci, tetapi apabila lengannya ditarik dan dilipat ke belakang, panjangnya hanya menjadi 11 inci. Sedangkan lebarnya dari yang tadi 6 inci menjadi 4 inci. Ketebalannya pun sangat minimal, yakni 2 inci saja.

Astro Ukulele
Perbandingan Astro dengan ukulele tradisional

Alih-alih dilipat ke depan, lengan justru dilipat ke belakang yang berarti memaksa senar ditarik lebih panjang dari seharusnya. Namun Astro memiliki mekanisme unik dimana pengunci senar akan melonggar ketika lengan dilipat. Kemudian saat dibuka, konfigurasi senar akan kembali seperti sedia kala.

Astro terbuat dari material plastik ABS komposit dan lengan dari kayu mahoni. Terdapat dua versi dari ukulele ini, yakni Astro Acoustic dan Astro Electric. Untuk versi standar sudah bisa mengeluarkan suara hingga 50dB, sedangkan yang lebih tinggi tentunya lebih keras karena mengandalkan speaker eksternal.

Folding Ukulele
Astro sangat mudah dibawa bepergian dan tidak mencolok

Astro Electric memiliki cukup banyak pengaturan yang dapat diubah sesuai keinginan pemainnya. Perusahaan juga tengah mengembangkan aplikasi untuk iOS untuk mempermudah konfigurasi hingga melakukan perekaman.

Untuk mewujudkan proyeknya, Astro menggalang dana di Kickstarter dengan menawarkan early bird seharga €149 untuk Astro Acoustic dan €169 untuk Astro Electric.