Kendaraan super cepat di darat memang terdengar menarik jika benar-benar diterapkan. Apalagi perkembangan teknologi memungkinkan pengembangannya lebih mudah.
Salah satu yang menarik adalah Hyperloop One, kendaraan yang bergerak di atas jalur semacam rel yang mampu bergerak dengan kecepatan supersonik. Hyperloop One memanfaatkan tekanan udara untuk mendorongnya.
Ujicoba yang dilakukan Hyperloop One di gurun Nevada pada 11 Mei lalu menunjukan hasil yang menakjubkan. Di atas jalur khusus sepanjang 457 meter, Hyperloop One mampu menembus kecepatan 185 kilometer per jam.
Kereta luncur ini tidak mengeluarkan suara, kemudian kecepatannya bertambah dan membuat pasir di sekitarnya seperti menyemprot keluar.

 

Hyperloop One
Hyperloop One diklaim akan mampu menembus kecepatan di atas 1000 KM/jam

 

Di atas kertas, Hyperloop One membawa teknologi yang mengesankan, namun perlu pengujian ketat dan fasilitas yang layak. Pihaknya sedang mengembangkan perangkat magnetik yang dapat mempercepatnya hingga 1.126 kilometer/jam bahkan lebih.
Rencananya, Hyperloop One akan menjadi moda transportasi antar kota maupun dalam kota yang menghubungkan pelabuhan, wisatawan, dan transportasi cepat.
Berikut video uji coba Hyperloop One: