Terlihat polos dan begitu lembut tanpa adanya sudut-sudut yang runcing, bentuk dari Jibo memang terkesan biasa saja. Namun jangan salah karena Jibo merupakan robot pertama yang interaktif terhadap manusia, ia adalah robot sosial yang ditujukan untuk penggunaan di rumah.
Robot dengan bentuk yang unik ini dipelopori oleh seorang robotika profesional bernama Dr Cynthia Breazeal. Sejak diperkenalkan pada pertengahan 2015 lalu, ternyata popularitas Jibo meledak!

Jibo Mampu Berinteraksi dengan Manusia

Ucapkan "Selamat Datang" pada Jibo, Robot Sosial Pertama di Dunia
Siapa sangka produk robot yang dikembangkan manusia semakin lama mampu memiliki “jiwa” sosial. Jibo dilengkapi dengan microphone yang secara 360 derajat mampu mendeteksi perkataan manusia.
Jibo bisa diperintahkan melakukan sesuatu, mengingatkan hal penting, bahkan menjadi asisten pribadi. Salah satu fitur keren yang dimiliki Jibo adalah Artificial Intelligence (AI).
AI inilah yang bisa membuat Jibo semakin pintar, dalam arti ia bisa mempelajari hal yang baru. Kamu bisa memberitahu Jibo untuk hal yang tak diketahuinya dan suatu saat jika ia ditanya lagi, ia bisa menjawabnya. Hebat bukan?
Ucapkan "Selamat Datang" pada Jibo, Robot Sosial Pertama di Dunia
Jibo juga dibekali kamera yang bisa mendeteksi senyuman. Layar LCD di bagian depan menjadi wajah dari Jibo. Tidak perlu ditanya lagi, wajahnya dapat berubah tergantung kondisi. Tetapi wajah Jibo sangat sederhana, berupa figur mirip bola mata saja.

Terhubung ke Internet

Ucapkan "Selamat Datang" pada Jibo, Robot Sosial Pertama di Dunia
Dukungan internet sangat penting bagi Jibo untuk menjalankan tugasnya. Sebagai contoh ia dapat memberitahukan email masuk atau melakukan video call. Untuk bisa terhubung, diperlukan akses WiFi di rumah.
Sesuai saran dari pengembang, dengan adanya koneksi internet maka Jibo dapat melakukan update dan membuatnya semakin sempurna.
Soal konektivitas, Jibo juga memiliki Bluetooth yang bisa disambungkan dengan smartphone pemiliknya. Tidak hanya itu, interaksi dengan komputer juga bisa dilakukan.
Lewat penggalangan dana di Indiegogo beberapa waktu yang lalu, pengembang mendapatkan $3.7 juta dollar. Angka yang cukup fantastis dibanding proyek-proyek lainnya.
Hal ini juga sebanding dengan harga satu buah robot Jibo. Robot sosial ini dihargai $749 atau hampir Rp 10 juta. Namun informasi yang Sefsed dapatkan saat artikel ini ditulis, ternyata Jibo sudah dipesan habis.
Ucapkan "Selamat Datang" pada Jibo, Robot Sosial Pertama di Dunia
2 Januari 2016, Jibo sudah habis dipesan.
Karena sudah habis maka pembeli baru harus mendaftar dahulu sebagai waitlist. Biaya yang sedemikian tinggi tidak menyurutkan minat pembeli untuk memiliki robot yang sangat futuristik ini. Tak mengherankan juga karena Jibo memang memiliki fitur yang menakjubkan!