Thor Trucks ET-One
Salah satu penantang Tesla Semi di 2019

Mendengar istilah truk elektrik, Tesla tampaknya bisa diasosiasikan sebagai perusahaan yang tengah sibuk mengerjakan proyek tersebut. Tesla Semi yang diumumkan pertengahan November lalu disebut sebagai pionir transisi dari truk diesel ke bahan bakar ramah lingkungan.

Menariknya, ada nama lain yang tidak cukup terkenal namun yakin bisa menyaingi Tesla dalam bidang ini. Bermarkas di Los Angeles, Thor Trucks telah menyelesaikan prototipe ET-One, sebuah truk elektrik yang mampu membawa beban 36 ton dan jarak tempuh 482 km.

Sang CEO, Dakota Semler membeli sebuah truk diesel untuk kemudian disulap menjadi truk elektrik. Layaknya Tesla, ET-One mengadopsi desain aerodinamis dan layar sentuh besar di kabin. Sekilas, truk ini memang seperti satu cetakan dengan Tesla Semi.

Thor Trucks ET-One
Interior ET-One

ET-One mampu mencapai kecepatan lebih dari 100 km/jam, dilengkapi regenerative braking yang dialirkan ke baterai, dan durasi pengisian penuh hanya 90 menit. Perusahaan mengklaim truknya 60 persen lebih murah untuk biaya perjalanan, ditambah tidak menimbulkan polusi seperti kendaraan BBM.

Rencananya ET-One akan dijual mulai $150.000 USD atau Rp 2 milyar pada 2019. Menariknya, budget tersebut juga setara dengan Tesla Semi untuk spesifikasi dasar yang sama. Namun perusahaan berencana membuat versi yang lebih tinggi untuk menyaingi varian lain dari Tesla.

Thor Trucks saat ini memiliki 18 karyawan yang bekerja dalam lab terbatas. Mereka juga tengah mencari pendanaan dari partner yang bersedia. Walaupun terkesan seperti “David vs Goliath” namun kondisi awal Tesla membangun perusahaannya juga tidak beda jauh dengan ini.

Video dokumentasi singkat tentang Thor Trucks: