UrbanX Electric Wheel

Setidaknya dalam 5 tahun terakhir perkembangan sepeda listrik berjalan sangat cepat. Di samping mengedepankan slogan ramah lingkungan, sepeda listrik juga dikatakan sebagai kendaraan commuter yang cukup mumpuni untuk perjalanan jarak dekat.

Mungkin kamu belum berminat untuk membeli sepeda listrik secara utuh, namun pendekatan model hybrid tengah digencarkan oleh beberapa perusahaan seperti GeoOrbital, Omni, dan Electron Wheel.

UrbanX Electric Wheel
Satu lagi produk electric wheel yang menawarkan segudang fitur

Belum lama ini startup berbasis di Singapura mengenalkan konsep serupa bernama UrbanX. Roda sepeda ini memiliki motor listrik yang dapat dipasang pada sepeda konvensional dimana secara otomatis menjadikan sepeda biasa sebagai sepeda elektrik.

UrbanX Electric Wheel
Jika diamati sekilas mesin roda ini terlihat seperti cakram rem biasa

Jika diamati dari bentuknya, UrbanX terlihat lebih ramping dan serasi untuk model roda klasik. Bahkan kemungkinan besar orang akan melihat itu sebagai roda biasa.

UrbanX mengklaim dapat diaplikasikan ke sepeda secara instan. Caranya sama saja dengan penggantian roda konvensional. Tim dibalik teknologi ini mengklaim produknya akan kompatibel pada hampir semua ukuran.

UrbanX Electric Wheel
Walaupun hanya dibekali baterai sekelas smartphone, tetapi efisiensi energinya tidak mengecewakan

Baterai di dalamnya hanya berkapasitas 3.500 mAh, meski demikian kamu akan mendapatkan jarak tempuh hingga 50 kilometer. Hal ini merupakan efek dari penggunaan Sinus Algorithm Controlling System yang memungkinkan efisiensi energi hingga 100%.

Roda UrbanX menyediakan tiga mode, yakni Full Electric Mode, Pedal Assist Mode, dan Traditional Bike Mode. Ketiganya dapat kamu pilih sesuai keinginan.

UrbanX Electric Wheel
Tidak ingin menggunakan bantuan mesin? Kamu bisa aktifkan mode sepeda biasa

Untuk konfigurasi lanjutan, UrbanX dapat terhubung dengan aplikasi khusus via Bluetooth. Di aplikasi tersebut terdapat pilihan untuk mengatur level pedal assist, memantau kapasitas baterai, jarak tempuh, dan kecepatan secara real-time.

Roda ini tersedia dalam dua versi, yakni UrbanX Eco dan yang sedikit lebih mahal UrbanX Booster, tentunya masing-masing ditanamkan tingkat kemampuan yang berbeda.

Saat ini UrbanX tengah menjalani crowdfunding di situs Kickstarter serta menawarkan harga pre-order sebesar Rp 4 juta. Sedangkan jika sudah sampai di retail harganya akan melonjak menjadi Rp 9 jutaan per unitnya.

Ini video dari UrbanX: