Max Bögl
Potret calon turbin angin tertinggi di dunia

Max Bögl adalah fasilitas pembangkit listrik tenaga angin yang berlokasi di Gaildorf, dekat Stuttgart, Jerman. Turbin angin berjenis tiga bilah ini berdiri menjulang setinggi 178 meter. Tetapi jika digabung dengan baling-baling, maka tingginya menjadi 265 meter, kurang 35 meter untuk menyamai menara Eiffel.

Turbin ini merupakan salah satu dari 4 turbin lain dengan ketinggian 155 meter yang akan menghasilkan daya 3,4 megawatt. Menariknya, turbin menggunakan baterai air yang memungkinkan baling-baling tetap berputar meskipun terjadi angin kencang.

Pengembang mengatakan baterai air dapat menangani kelebihan daya dari jaringan listrik dan melepaskannya apabila diperlukan. Baterai itu diletakan di bagian pondasi, sekaligus berfungsi ganda sebagai waduk untuk mengaliri perkebunan.

Max Bögl
Diameter bilah baling-baling mencapai 87 meter

Max Bögl sengaja dibangun cukup tinggi untuk mendapat terpaan angin lebih kencang. Setiap meter ketinggian diperkirakan dapat menghasilkan 1 persen energi lebih banyak. Membangun turbin raksasa adalah pilihan tepat untuk daerah dengan kondisi angin rendah.

Sebagai perbandingan, PLTB Sidrap yang hampir selesai dibangun di Sulawesi Selatan memiliki ketinggian 137 meter. Artinya hanya separuh dari turbin tertinggi di Max Bögl. Rencananya pembangkit listrik ini akan mulai mensuplai listrik pada 2018.