Laptop Snapdragon
Mau beli laptop bertenaga Snapdragon 835? Tahan dulu! (credit: GizBrain)

Qualcomm Snapdragon adalah salah satu pemain prosesor untuk level mobile. Tetapi lambat laun performanya mulai menyamai komputer desktop. Kini jeroan yang dipakai Samsung Galaxy S8 sudah digunakan pada laptop Windows 10, sebut saja HP Envy X2 misalnya.

Meski menawarkan konsumsi energi rendah dan koneksi LTE yang selalu aktif, sebaiknya jangan membeli laptop berprosesor Snapdragon 835 dulu.

Pasalnya Qualcomm telah mengumumkan kehadiran Snapdragon 845 yang mana performanya 25% lebih tinggi dibanding Snapdragon 835. Prosesor ini dilaporkan memiliki peningkatan performa grafis 30%, LTE X2 berkecepatan gigabit, dan lebih hemat baterai. Bahkan disebut-sebut akan menjadi prosesor mobile terbaik sepanjang 2018.

Selain itu Snapdragon 845 dibekali teknologi pembacaan enkripsi biometrik yang jauh lebih aman, khususnya untuk melakukan transaksi seperti yang sudah dilakukan Apple dengan Face ID iPhone X.

Meski Snapdragon 835 menyediakan fitur LTE pada laptop, namun ada baiknya untuk menunggu kemunculan Snapdragon 845 tahun depan. Samsung Galaxy S9 tampaknya akan jadi yang pertama mengadopsi prosesor ini, diikuti smartphone flagship lain dan akhirnya hadir pada komputer desktop dan laptop.