FL Electric
FL Electric diperkenalkan sebulan setelah versi BBM diumumkan

Produsen otomotif asal Swedia, Volvo beberapa waktu lalu mengumumkan bahwa pihaknya akan segera berhenti memproduksi mobil BBM pada 2019 dan memulai transisi ke kendaraan ramah lingkungan. Dengan begitu, Volvo harus segera memproduksi mobil elektrik di berbagai kategori armada, termasuk truk elektrik.

Bulan lalu, Volvo memperkenalkan varian FL yang mampu menarik beban 16 ton. Kini perusahaan memperkenalkan FL Electric dengan kapasitas kemampuan yang sama, namun sumber energinya ada pada baterai, bukan tangki bahan bakar.

FL Electric dipersenjatai motor listrik 130 kW dengan titik maksimal 185 kW, dan output 425 Nm. Secara keseluruhan, spesifikasinya sudah lebih dari cukup menarik beban terberat, yakni 16 ton.

Volvo FL Electric
Mesin truk elektrik yang sunyi tidak mengganggu kenyamanan warga sekitar

Sementara baterai 100 kWh mampu menyediakan energi hingga 300 km dalam kondisi berat kotor. Volvo juga berencana merilis versi 300 kWh, namun proses pengisian akan memakan waktu hingga 10 jam. Tim perancang masih menyempurnakan sistem pengisian agar mudah dan cepat digunakan oleh customer.

Volvo mengatakan FL Electric memasuki operasi rutin di Gothenburg, Swedia, kota dimana markas Volvo Truck berada. Menurutnya, truk elektrik yang sunyi tidak mengganggu warga sekitar saat mengirim barang di malam hari.