Disamping menanam pohon dan melakukan uji emisi kendaraan bermotor, salah satu solusi yang dilakukan untuk mengurangi polusi udara ialah dengan teknologi penyaring udara.

Daan Roosegaarde selaku pendiri Studio Roosegaarde merupakan seorang inovator yang menciptakan Smog Free Tower, sebuah mesin yang berfungsi untuk menyaring udara di tempat terbuka.

Kreasinya pertama kali diaplikasikan di Rotterdam dan Amsterdam. Smog Free Tower diklaim sebagai mesin pembersih udara terbesar di dunia.

Tower ini menyerap udara kotor dari lingkungan sekitarnya, lalu disaring dan disebarkan kembali sehingga orang-orang dapat menikmati udara bersih secara gratis.

Sengaja diletakan di daerah berpolusi tinggi
Sengaja diletakan di daerah berpolusi tinggi

Perangkat digerakan oleh tenaga listrik berkekuatan 1.700 watt. Tower diletakan di beberapa titik publik yang dinilai banyak terkandung udara kotor, baik oleh debu maupun karbon.

Uniknya, di saat Smog Free Tower sedang bekerja, pihak Studio Roosegaarde juga membagikan Smog Free Ring, sebuah cincin yang berisi kumpulan partikel debu dari udara yang telah disaring.

Sejumlah materi polusi dalam 1000 meter kubik hadir dalam cincin ini
Sejumlah materi polusi dalam 1000 meter kubik hadir dalam cincin ini

Cinderamata tersebut menjadi pengingat betapa berharganya udara bersih bagi kehidupan manusia. Satu buah cincin tersimpan 1000 meter kubik polusi udara.

Pada September lalu China, tepatnya kota Beijing juga menempatkan alat ini di beberapa lokasi. Rencananya pemerintah akan membangunnya juga di kota-kota lain.

Menurutmu, apakah Jakarta dan kota besar lainnya di Indonesia juga membutuhkan Smog Free Tower? Bagikan opinimu di kolom komentar!

Sumber: Studio Roosegaarde