Di era serba digital saat ini, pekerjaan yang berhubungan dengan komputer semakin menjamur dimana-mana. Oleh arena itulah semakin banyak pula peluang karir bagi mereka yang menguasai IT dan computer science, dan pastinya semakin banyak permintaan maka semakin tinggi gaji yang dibayarkan.

Pada kesempatan kali ini Teknologi.id akan mengulas mengenai 5 pekerjaan dengan gaji tertinggi di bidang ilmu komputer dan Industri IT dilansir dari Technotification.com. Semua informasi gaji dikumpulkan dari daftar Forbes dan penelitian Glassdoor. Berikut daftarnya!

Software Architect

Gaji Software Architect mencapai $116, 267. Ya, kamu tidak salah membaca. Mereka adalah pakar perangkat lunak. Tugas mereka meliputi hal berikut: merakit dan mengawasi proyek serta tim, mereka juga membuat model desain perangkat lunak dan memilih standar pengkodean, alat, dan platform.

Selain itu, software architect juga memberikan laporan kemajuan kepada manajemen senior dan memperbaiki kesalahan kode, mereka juga bertanggung jawab untuk mengawasi pengujian perangkat lunak, dan melacak metrik serta kinerja dibandingkan dengan sasaran proyek.

Google adalah salah satu perusahaan yang membayar tinggi untuk pekerjaan ini.

Data Scientist

Data Scientist dapat dibayar hingga $109, 399. Tugas mereka adalah menganalisis data dan membuat wawasan yang dapat ditindaklanjuti setelah menganalisis. Mereka harus tertarik pada detail karena mereka perlu mengumpulkan dan membersihkan data digital yang kompleks seperti penggunaan statistik situs web. Mereka sangat penting dalam bisnis terutama untuk membantu dalam proses pengambilan keputusannya. Banyak perusahaan teknologi di Silicon Valley mempekerjakan jenis pekerjaan ini.

Software Engineer

Dengan gaji rata-rata $98,304, Software Engineer mungkin menjadi pekerjaan impianmu. Mereka bertanggung jawab untuk mengoptimalkan perangkat lunak. Pekerjaan ini didasarkan pada pengetahuan teknis, matematika atau sains mereka melalui prinsip-prinsip rekayasa. Insinyur Perangkat Lunak mengembangkan dan memelihara aplikasi sistem dan sistem itu sendiri. Google, Apple, dan Yahoo! adalah beberapa perusahaan dengan bayaran tertinggi untuk profil pekerjaan ini.

Mobile Apps Developer

Gaji rata-rata untuk Mobile Apps Developer adalah sekitar $96.133. Mereka memiliki pengetahuan yang jelas tentang Android atau iOS, dan bahasa pemrograman yang mendasarinya yang perlu mereka gunakan untuk mengembangkan aplikasi. Mereka mengembangkan antarmuka pemrograman aplikasi (API) yang digunakan untuk berbagai fungsi dan konektivitas data. Google, Facebook, Uber adalah beberapa perusahaan dengan bayaran tertinggi untuk Mobile Apps Developer.

Database Admin

$87, 025 adalah gaji rata-rata Administrator Basis Data. Mereka harus mengidentifikasi kebutuhan pengguna. Mereka adalah orang yang mengelola basis data perusahaan. Mereka juga mendesain dan mengimplementasikan database, menjadwalkan, dan menjalankan pencadangan rutin dan memulihkan data yang hilang, jika ada. Mereka menerapkan dan memantau keamanan basis data dan memastikan integritas data. Microsoft dan Epic Systems mempekerjakan jenis pekerjaan ini.

Tentu saja, ada banyak pekerjaan di luar sana untuk dipilih. Sangat penting untuk kamu memilih pekerjaan yang kamu sukai dan pekerjaan yang dapat membayarmu dengan cukup baik untuk mempertahankan semua kebutuhan kamu. Namun, jangan bergantung pada gaji sebagai faktor penentu bagimu untuk melamar pekerjaan-pekerjaan diatas, karena pekerjaan diatas tidaklah mudah. Seseorang harus memiliki pengetahuan yang luar biasa tentang bidang ini dan harus sangat tertarik dengan detailnya. Jadi jika kamu sedang mencari pekerjaan dan menyukai komputer (terutama perangkat lunak), ambil daftar ini sebagai panduan untuk mengejar.

Artikel ini pertama kali diterbitkan dalam Bahasa Inggris.