Synthetic Sensors
Pintu terbuka, microwave menyala, atau ada yang sedang mencuci muka. Sensor ini bisa mengetahuinya

Menggunakan CCTV merupakan pilihan mainstream bagi para pemilik hunian, apalagi dengan ruang yang banyak dan besar yang agak sulit jika harus diperiksa satu per satu. Sayangnya keberadaan CCTV sendiri dihujani kritik karena mengganggu privasi. Tentu kamu tidak mau dimata-matai saat sedang mengganti pakaian.

Tim peneliti dari Universitas Carnegie Mellon, Amerika Serikat menciptakan sistem pemantau yang lebih baik namun tanpa mengorbankan privasi seseorang. Dijuluki Synthetic, sensor ini dipasang pada stop kontak dan langsung beroperasi.

Synthetic Sensors
Hanya membutuhkan stopkontak USB untuk mengoperasikan Synthetic

Tanpa kehadiran kamera, Synthetic mampu mengetahui setiap kejadian di dalam rumah. Sederhananya, sensor membaca aktivitas berdasarkan gelombang yang merambat dalam ruang. Misal frekuensi gelombang saat memasak dengan menyalakan air tentu berbeda.

Dalam demonstrasinya sensor ini dapat mengkalkulasi jumlah air yang keluar, menghitung kertas toilet, hingga tingkat nyala api. Selanjutnya data diunggah ke internet melalui WiFi dan pengguna bisa melihat hasilnya di komputer.

Synthetic Sensors
Dengan begitu kamu bisa menghemat penggunaan air

Synthetic masih dalam fase prototipe. Tetapi dari konsep yang ditawarkan ini akan menjadi masa depan bagi smarthome, memecahkan masalah privasi dan keamanan. Rencananya sensor ini akan dipresentasikan di Konferensi Interaksi Komputer dan Manusia (HCI).

Video demonstrasi Synthetic: