Limbah Pabrik Ramah Lingkungan
Pembangkit listrik di Islandia terapkan pengolahan limbah yang efektif (credit: Arni Saeberg)

Ilmuwan terus bekerja keras mencari cara supaya limbah dapat diminimalisir sehingga tidak mengotori lingkungan. Perusahaan asal Swiss, Climeworks saat ini bekerja sama dengan pembangkit listrik panas bumi di islandia untuk menciptakan “emisi negatif” pertama di dunia.

Proyek bernama CarbFix ini bekerja menyerap karbon dioksida kemudian dipompa bersama air ke dalam tanah sejauh 700 meter. Teknik ini memungkinkan kontak dengan batuan basal dan mengubah limbah menjadi mineral karbonat.

Sebelumnya metode serupa telah digunakan, namun membutuhkan waktu ratusan hingga ribuan tahun agar limbah menjadi steril. Sementara itu temuan terbaru tim CarbFix memungkinkan zat karbon dioksida berubah menjadi batu kurang dari 2 tahun.

Limbah Pabrik Ramah Lingkungan
Unit penangkap CO2 dan memompanya ke bawah tanah

“Hasil kami menunjukkan antara 95 dan 98 persen karbon dioksida yang ditanam telah menjadi mineral selama kurang dari 2 tahun, dimana ini luar biasa cepat,” kata salah satu ilmuwan proyek, Dr Juerg Matter. Proyek ini bukanlah menetralkan karbon, melainkan mengubahnya menjadi bentuk lain.

Pihaknya berharap teknologi ini dapat diimplementasikan ke banyak daerah, tidak hanya di Islandia. CarbFix membuktikan bahwa proses pengolahan limbah tidak lagi mahal dan kompleks yang seharusnya dapat mengurangi buangan zat polutif di masa depan.