Panel Surya Tesla

Kebanyakan panel surya untuk atap tampil dengan bodi bongsor yang cukup kompleks instalasinya dan amat mencolok dari luar. Beberapa bulan lalu Tesla merilis atap rumah dengan panel surya yang ditanam di dalamnya sehingga dari luar terlihat seperti atap rumah tradisional.

Tetapi kali ini Tesla menawarkan solusi bagi mereka yang tidak ingin membongkar atapnya. Di halaman resminya kamu bisa melihat ilustrasi rumah yang menggunakan panel surya tersebut. Desain minimalis dibalut bodi tipis, Tesla menempatkan bantalan penyangga di bawah.

Panel Surya Tesla
Panel surya ini bersifat modular, masing-masing kotak bisa dipisah

Energi yang dihasilkan langsung disalurkan ke Powerwall, sebuah media penyimpanan energi andalan perusahaan yang dipimpin Elon Musk tersebut.

Situs Electrek melaporkan panel surya baru ini sedang diproduksi oleh Panasonic di Gigafactory milik Tesla di Buffalo, New York sebagai bagian dari kerjasama antara kedua perusahaan Oktober tahun lalu.

Panel Surya Tesla
Tesla Gigafactory di New York

Hingga kini belum ada detil resmi yang bisa diberikan. Nama, spesifikasi, harga, hingga tanggal rilis masih menjadi rahasia kedua perusahaan. Namun para calon pembeli bisa melakukan pre-order via website Tesla.