Tesla Roadster Back View
Musk dengan bangga mengatakan Roadster adalah pukulan "knockdown" bagi mobil BBM (credit: Tesla)

Minggu ini Tesla menggebrak pasar otomotif dengan meluncurkan truk elektrik Tesla Semi dan supercar elektrik Tesla Roadster generasi kedua. Di atas kertas, kedua model kendaraan tersebut bakal mengkerdilkan kendaraan BBM yang berjalan saat ini.

Tesla Roadster mungkin akan menjadi rujukan supercar di masa depan. Bagaimana tidak, Elon Musk menyebut ada segudang rekor yang akan dipecahkan oleh mobil tersebut ketika diproduksi pada 2020 mendatang.

Mobil dapat melaju dengan akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 1,9 detik dimana raihan tersebut hanya dimiliki oleh Formula 1. Teslebih lagi, Musk mengatakan performa itu adalah model dasar, artinya ada kemungkinan Tesla menawarkan upgrade seperti yang terjadi pada mobil konvensional milik mereka.

Dalam presentasinya Musk sempat menyinggung soal aerodinamika Bugatti Chiron dibanding Tesla Semi. Sisi menarik muncul ketika sang supercar asal Perancis tersebut disandingkan dengan Tesla Roadster.

Tesla Roadster vs Bugatti Chiron
Perbandingan Tesla Roadster dengan Bugatti Chiron (credit: TeslaMag)

Dengan baterai 200 kWh, Roadster mampu mencapai jarak 1.000 kilometer dalam sekali pengisian. Angka tersebut setara dengan perjalanan tol Jakarta – Surabaya dan masih tersisa 20 persen. Di pihak lain, tangki bahan bakar Bugatti Chiron hanya cukup untuk perjalanan sejauh 460 kilometer.

Roadster mematok biaya sekitar $250 ribu dengan rincian $50 ribu untuk pre-order dan $200.000 untuk klaim kendaraan. Dengan demikian totalnya apabila dikonversikan ke Rupiah menjadi Rp 3,4 milyar.

Bugatti Chiron sendiri dihargai hampir $3 juta atau setara Rp 40 milyar. Nominal yang lebih dari cukup untuk membeli 11 Tesla Roadster.

Meski nama Tesla kembali menjadi sorotan media berkat inovasi produk terbarunya. Namun perusahaan kendaraan elektrik tersebut masih memiliki hutang keterlambatan produksi Model 3 dari yang seharusnya 1.500 unit pada September namun kenyataannya hanya 260 unit yang selesai diproduksi.

Tesla Roadster sendiri masih memiliki waktu cukup panjang sebelum memulai produksi pada 2020 nanti. Kamu berminat membelinya? Maka mulailah menabung dari sekarang.