Model X Towing Boeing 787-9 Dreamliner
Pertama kalinya mobil elektrik membawa keluar pesawat terbang

Bagian yang paling diperhitungkan dari identitas mobil SUV ialah kemampuannya menarik beban berat dimana biasanya melebihi bobot mobil itu sendiri. Menyandang status ini, Tesla Model X harus membuktikan bahwa performa mesin mobil elektrik tidak kalah hebat dari mesin diesel.

Qantas Airways baru saja merilis video dimana Model X sedang menarik Boeing 787-9 Dreamliner di Melbourne Airport, Australia. Atraksi ini merupakan bagian dari pameran publik antara kedua perusahaan.

Model X sejatinya memiliki rating kemampuan tarik sebesar 2,3 ton. Di sisi lain, bobot keseluruhan pesawat mencapai 130 ton. Jika dikonversi, mobil listrik tersebut berhasil menarik beban lebih dari 55 kali dari kapasitas bawaan.

Pun demikian, angka 130 ton masih belum ada apa-apanya dengan rekor 285 ton yang diraih oleh Porsche Cayenne S Diesel. Akan tetapi, untuk ukuran kendaraan elektrik, pencapaian Tesla terhitung sangat signifikan serta menghanguskan anggapan bahwa mesin elektrik lemah. Faktanya, mobil listrik yang menarik pesawat belum pernah terjadi sebelumnya.

Beberapa waktu lalu, Tesla Model X juga digunakan untuk membawa truk seberat 43 ton dan kereta barang seberat 114 ton. Seiring penyempurnaan mesin, bukan tidak mungkin mobil elektrik akan setara atau bahkan mengalahkan mesin diesel terkuat saat ini.

Video Model X menarik Boeing 787-9 Dreamliner: