Tesla Model 3 Accident
Tidak ada satupun korban jiwa meski mobil mengalami benturan parah

Terlepas dari kontroversi soal kemampuan autopilot yang menyelimuti produsen mobil elektrik Tesla, tidak bisa disangkal lagi bahwa sang produsen berniat meningkatkan keamanan bagi pengendara serta penumpangnya. Satu keluarga berhasil selamat dari kecelakaan usai Model 3 secara ‘ajaib’ melindungi seisi penumpangnya.

Seorang pengemudi Tesla Model 3 melaporkan pengalamannya di Tesla Motors Forum usai ia dan keluarganya mengalami kecelakaan mengerikan yang bisa saja tidak meninggalkan satupun nyawa.

“Saya mendengar suara jeritan dari mobil yang mengerem cukup keras, dan mobil itu menabrak bagian belakang (mobil) saya dengan sangat keras. Saya sedang berkendara dengan kecepatan 65 mil/jam, kemudian kendaraan melaju lebih cepat secara signifikan” katanya.

Ia mengatakan mobilnya kehilangan kontrol, berputar-putar menabrak pembatas beton di kedua sisi jalan sebelum akhirnya berhenti. Namun beruntung, sang pengemudi bersama istri dan kedua anaknya luput dari kejadian.

“Syukurnya, Model 3 beraksi dengan ajaib, crumple zone meredam (benturan), airbag dikeluarkan, dan tidak ada api setelah kecelakaan, dan tidak satupun dari keluarga saya mengalami cidera serius.”

Saat artikel ini diturunkan, pengemudi tersebut sedang mengonfirmasi apa yang ia lihat kepada polisi. Ia juga berniat meminta detil rekaman video mobil kepada Tesla untuk memastikannya. Perlu diketahui bahwa seluruh rekaman umumnya hanya bisa diakses oleh perusahaan.

Tesla Model 3 sangat aman

Saat ini jajaran mobil buatan Tesla mendapatkan rating keamanan bintang 5, dimana hanya satu persen dari populasi mobil di seluruh dunia mendapatkan predikat ini. Tesla Model 3 sebagai varian termurah juga bukan pengecualian.

Ukuran mesin yang kecil membuat Model 3 memiliki rongga kosong di depan dan belakang, memberikan lebih banyak crumple zone untuk meredam benturan. Tidak heran jika kabin penumpang tidak remuk meski ditabrak cukup keras baik dari depan maupun belakang.

Hal lain yang membuat mobil ini sangat aman ialah posisi baterai yang seluruhnya berada di lantai kendaraan. Komponen paling berat dari mobil listrik tersebut bertanggungjawab atas stabilitas kendaraan semisal sedang terguncang. Ini mengurangi potensi mobil terguling dan melukai orang di dalamnya.