Tesla Model 3
Tesla kalahkan Mercedes C-Class di AS (credit: niTin/Flickr)

Kabar mengejutkan datang dari produsen mobil elektrik Tesla yang menyebut bahwa salah satu mobil besutannya, Model 3 menjadi sedan paling laris di Amerika Serikat. Laporan ini tentu sangat menarik untuk diikuti sejak mengetahui bahwa perusahaan itu sendiri sedang berjuang memperbaiki proses manufaktur yang macet dan terlambat beberapa bulan dari perkiraan.

CEO Tesla Elon Musk juga mengumumkan perusahaannya sudah memproduksi 500 unit Model 3 per hari atau 3.500 per minggu. Angka tersebut semakin mendekati target 5.000 mobil per minggu bulan ini.

Menurut laporannya, Tesla berhasil melewati popularitas sedan premium Mercedes C-Class sejak bulan lalu. Perlu dicatat bahwa data di bawah ini termasuk di antaranya mobil bermesin BBM.

Tesla Model 3 Market Share
Angka ini diperkirakan akan terus meningkat seiring perbaikan proses produksi di pabrik Tesla

Sebelumnya Tesla menargetkan produksi Model 3 sebanyak 5.000 unit per minggu sejak Desember tahun lalu. Namun kendala di Gigafactory Nevada memaksa lini produksi harus bersusah payah memenuhi janjinya.

Perusahaan sempat menghentikan sementara proses produksi pada akhir April lalu dalam rangka menyelesaikan masalah alat produksi. Elon Musk bahkan harus tidur di kantor untuk memastikan para pemesan mendapatkan mobil pilihannya segera. Untungnya, kerja keras tersebut mulai membuahkan hasil. Sejumlah pemesan sudah menerima mobilnya meski agak terlambat.

Di sisi lain, pencapaian Tesla menandakan era mobil elektrik semakin menguat. Mercedes bahkan berencana menyulap S-Class ke varian elektrik untuk mengimbangi persaingan dengan Tesla.