Hornsdale Wind Farm, Tesla Powerpack
Sering dilanda badai yang sebabkan pemadaman listrik, pemerintah Australia gandeng Tesla untuk bangun baterai raksasa

Selain mobil, Tesla memiliki divisi khusus yang berperan memproduksi peralatan suplai listrik seperti panel surya dan penyimpanan energi yang dijuluki Powerwalls. Baterai berkapasitas besar tersebut berfungsi menyediakan energi selagi terjadi pemadaman listrik.

Kali ini perusahaan berencana mengaplikasikan teknologi Powewalls dalam skala yang lebih besar. Pembangkit listrik tenaga angin di selatan Australia akan menjadi yang pertama dalam penggunaan baterai raksasa dari Tesla Powerpack. Baterai lithium-ion ini dapat menyimpan 100 megawatt dan output hingga 129 MWh.

Hornsdale Wind Farm, Tesla Powerpack
Pembangunan Hornsdale Wind Farm, pekerja sedang mengangkut bilah turbin angin

Instalasi Powerpack ditempatkan di dekat Hornsdale Wind Farm, dekat Jamestown yang kini sedang dalam tahap pembangunan. Pembangkit listrik tersebut bertujuan untuk memenuhi permintaan suplai listrik terhadap 30.000 rumah sekaligus mengurangi beban pembangkit lain.

Diketahui pada September tahun lalu terjadi badai yang menyebabkan 1.7 juta warga Australia kehilangan suplai listrik. Hal serupa juga terjadi pada Desember dan Februari lalu, hingga akhirnya pemerintah setempat memutuskan untuk menggunakan Tesla Powerpack sebagai tenaga cadangan ketika bencana kembali terulang.

Elon Musk dalam pernyataannya mengatakan sistem ini dapat menyediakan listrik hingga 100 hari, jika tidak ia akan memberikannya secara cuma-cuma. Tesla berjanji pembangunan Powerpack akan rampung pada Desember tahun ini.