Microsoft Xbox Watch
Inilah smartwatch perdana Microsoft yang tidak dilanjutkan pengembangannya

Microsoft telah memiliki banyak produk gadget yang selama ini memiliki nama besar di mata publik. Antara lain Surface Book, Surface Laptop, Surface Pro, dan Surface Studio. Di luar itu, pemilik sistem operasi Windows ini juga mencoba membangun perangkat wearable smartwatch pada 2013 lalu, namun tak kunjung dirilis dan proyek dinyatakan mati.

Beruntungnya seorang pengguna Twitter Hikari Calyx menemukan prototipe Xbox Watch yang dikembangkan Microsoft beberapa tahun lalu. Dari prototipe tersebut terlihat bahwa smartwatch dibekali GPS dan penghitung denyut jantung. Fitur health tracker lainnya hampir bisa dipastikan juga ada, mengingat keberadaannya yang esensial.

Calyx mengatakan ia perlu memodifikasi smartwatch ini agar bisa menyala karena ada komponen yang rusak. Dari informasi ini, sangat jelas bahwa smartwatch itu sudah ditinggalkan begitu lama.

Karena masih dalam tahap prototipe, maka desainnya tidak terasa istimewa. Dan Xbox Watch bukan pengecualian. Layar sentuh beresolusi rendah hanya berukuran 1,5 inci terasa terlalu kecil untuk disentuh dengan jari.

Xbox Watch
Ukuran layar terlalu kecil sebagai layar sentuh

Di samping itu, User Interface (UI) juga terlihat ala kadarnya. Tidak ada visualisasi yang ikonik seperti Samsung Gear atau Apple Watch.

Satu hal yang unik adalah nama smartwatch itu sendiri yang juga menjadi bagian dari konsol game Xbox. Mungkin saja Microsoft membuat Xbox Watch untuk target pasar yang sama. Namun, untuk apa smartwatch bagi seorang gamer?

Pada akhirnya Microsoft menyadari bahwa smartwatch bukan ide bisnis yang sehat bagi perusahaan mereka. Proyek itu pun menghilang begitu saja tanpa kabar, dan perusahaan lebih memilih melanjutkan pengembangan software dan hardware komputer yang telah membesarkan nama mereka.