Kita tahu bahwa karya film seluruhnya dibuat oleh manusia. Mulai dari pemilihan plot cerita, memilih bintang, shooting gambar, merangkai scene, hingga pembuatan trailer sepenuhnya dikerjakan oleh manusia.

Namun film berjudul Morgan yang dibuat 20th Century Fox memiliki prinsip lain. Pihaknya memutuskan untuk bekerjasama dengan IBM, perusahaan komputer raksasa asal Amerika Serikat.

Dalam kerjasamanya, IBM menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) dari superkomputer Watson untuk merangkai sebuah trailer yang sempurna.

Tim dari IBM memberikan kerangka pikir Watson untuk menganalisis visual film, audio, efek, dan barometer lainnya yang berpengaruh pada psikologi manusia.

watson IBM, morgan trailer AI, morgan horror
Grafik yang menunjukan bagian yang disukai Watson

Setelah kerangkanya terbentuk dengan sempurna, maka Watson dibiarkan “menonton” film tersebut sampai habis. Selanjutnya ia menganalisa setiap scene secara detil, bahkan memperhitungkan pengaruhnya terhadap penonton.

Kemudian ia akan memilih scene dan merangkainya menjadi sebuah trailer. Tentu saja karena Morgan adalah film horor, maka momen-momen yang sifatnya suspense tak luput dari perhatian.

Hasilnya, setelah Watson memproses pekerjaannya selama 24 jam, terciptalah trailer berdurasi sekitar satu menit yang cukup menyeramkan dengan latar suara dan pemilihan scene yang tepat. Berikut video trailernya.


Morgan otomatis menjadi film pertama yang mengandalkan kecerdasan buatan komputer untuk pembuatan trailernya.

Watson diprogram untuk menuruti cara kerja berdasarkan sistem yang dibuat manusia. Namun sebagai kecerdasan buatan, ia juga “berhak” memilih scene favoritnya sendiri. Video di atas adalah trailer buatan Watson, sedangkan yang di bawah ini dibuat oleh manusia.

Percobaan ini masih terus berkembang. Bukan tidak mungkin film-film lainnya akan mengikuti jejak Morgan untuk menggunakan kecerdasan buatan dalam trailernya.

Mana yang lebih menarik, trailer buatan Watson atau manusia?

Sumber: IBM