Dipersenjatai sensor di segala sisinya serta software canggih di balik kemudi, bagaimana mungkin sebuah mobil self-driving dapat menabrak seseorang di jalan? Hal inilah yang dialami Elaine Herzberg, wanita 49 tahun yang sedang menyeberang sambil mendorong sepedanya. Ia tewas usai ditabrak salah satu armada uji coba mobil tanpa sopir milik Uber.

Kecelakaan Uber beberapa bulan lalu menjadi tinta hitam bagi pengembangan mobil swakemudi. Ini adalah yang pertama bagi mobil jenis tersebut ‘sengaja’ menabrak seseorang tanpa ada tanda-tanda mengurangi kecepatan. Ironisnya, seorang operator di balik kemudi yang memantau uji coba tersebut justru baru menyadari kurang dari sedetik sebelum tabrakan.

Dikutip dari Ars Technica, Badan Keamanan Transportasi Nasional Amerika Serikat (NTSB) merilis laporan terkait kecelakaan yang dialami Uber. Pihaknya menyebut sensor sudah mendeteksi objek kira-kira 6 detik sebelum menabrak Elaine Herzber. Saat itu mobil melaju dengan kecepatan 70 km/jam.

Software gagal mengenali korban yang saat itu mendorong sepeda. Sistem Uber sejatinya bisa mengetahui pejalan kaki dan orang yang bersepeda, namun untuk situasi dimana seseorang mendorong sepeda tanpa menaikinya, hal itu sangat tidak terduga.

“Ketika jalur kendaraan dan jalur pejalan kaki tidak jelas, sistem self-driving menganggap pejalan kaki sebagai objek yang tidak diketahui, lalu adanya sepeda menjadi variasi (objek) yang tidak terduga di depan,” kata laporan itu.

Sang operator di dalam mobil terlihat menengok ke bawah selagi melaju kencang. Ia dituding sedang bermain ponsel. Namun kemudian hal itu dibantah, ia sebetulnya melihat layar yang menampilkan kinerja software Uber. Sang operator pun sempat mengurangi kecepatan menjadi 60 km/jam, namun angka itu masih sangat mematikan.

Di sisi lain, korban menyebrang bukan pada trotoar serta berada di tempat yang gelap yang meminimalisir kemampuan visual manusia untuk mendeteksi keberadaannya. Footage dari kamera dasbor juga memperlihatkan korban baru ‘muncul’ sekitar sedetik sebelum tabrakan.