Blue Origin Jeff Bezos
Ingin ke luar angkasa? Siapkan dana setara mobil mewah (credit: Blue Origin)

Jika kamu tidak mengambil sekolah aeronautika atau astronot, maka harapan untuk mengunjungi luar angkasa sangatlah kecil. Namun, seiring perkembangannya, roket juga dilihat sebagai daya tarik bisnis yang berpeluang menjadi mainstream dalam beberapa tahun ke depan. Maka tidak heran gema wisata luar angkasa kian terdengar seiring semakin canggihnya teknologi roket.

Bos Amazon, Jeff Bezos mendirikan perusahaan antariksa Blue Origin dalam rangka mengirim wisatawan ke luar angkasa, menikmati keindahan lengkungan Bumi sembari merasakan efek gravitasi nol sebelum akhirnya mendarat kembali dengan parasut.

Roket New Shepard bakal dijadikan wahana utama Blue Origin untuk mengantar beberapa wisatawan yang telah membayar ke ketinggian 62 mil atau 100 kilometer dimana sudah melewati Karman Line. Namun, berapa biaya tiket untuk satu kursi di kapsul luar angkasa itu?

New Shepard Launch June 19 2016 - Terkuak, Biaya Untuk Nikmati Wisata Luar Angkasa Milik Bos Amazon
New Shepard, wahana luar angkasa milik Blue Origin

Menurut laporan dari Reuters, perwakilan Blue Origin yang dirahasiakan identitasnya menyebut harga tiket berkisar antara $200.000 hingga $300.000 atau Rp 2,9 hingga 4,3 miliar.

Terdengar cukup mahal, namun sejatinya lebih terjangkau ketimbang rata-rata astronot yang membutuhkan dana setidaknya Rp 250 miliar untuk satu orang.

Sementara dari kesiapan wahana, perusahaan sudah melakukan pengujian tanpa awak sebanyak 8 kali. Mereka masih akan terus mencoba skenario baru untuk menjamin keamanan dan kenyamanan penumpang. Blue Origin sebelumnya mengatakan tiket baru akan dijual tahun depan sembari menunggu kematangan sistem peluncur.

Perusahaan lain seperti Virgin Galactic yang beroperasi pada industri yang sama justru telah menjual sedikitnya 650 tiket dengan harga serupa.

Jika kamu percaya bentuk Bumi datar dan kebetulan punya banyak uang, tidak ada salahnya menjajal wisata ke luar angkasa untuk membuktikan bahwa bentuk Bumi bulat bukanlah omong kosong.