The future of efficient solar energy 1-28 screenshot
Panel surya dengan teknik funneling dapat hasilkan energi lebih banyak

Hingga kini, untuk mendapatkan mendapatkan energi listrik ‘gratis’ dari panel surya ialah memasangnya sebanyak mungkin pada area yang luas. Namun cara ini menjadi masalah bagi yang tinggal di lahan terbatas. Ilmuwan dari University of Exeter menemukan metode baru menjaring energi dari panel surya yang diklaim lebih efisien dibanding versi tradisional.

Tim menyebutnya sebagai teknik funneling dimana tingkat efisiensi bisa didongkrak hingga 60 persen. Sejauh ini rata-rata panel surya berada pada efisiensi sekitar 20 persen.

Pihaknya juga mengklaim sebuah panel surya seukuran buku yang dirancang dengan teknik funneling sanggup memberdayakan seisi rumah.

Adolfo De Sanctis sebagai pimpinan dari proyek ini mengatakan cara kerja panel surya buatan timnya mirip seperti memindahkan air ke dalam wadah menggunakan corong. Dengan begitu hasil yang didapat bisa lebih efektif dan nyaris tidak ada energi yang terhamburkan.

“Idenya mirip seperti memindahkan cairan ke dalam wadah, seperti yang kita ketahui bahwa cara paling efisien ialah dengan menggunakan funnel (corong).” katanya.

Penemuan Adolfo dan timnya telah dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature Communications. Berikut video singkat penjelasan dari panel surya berbasis funneling.