hologram, holovect, hologram pertama di dunia, proyeksi 3d

Ide hologram telah hadir sejak lama, kamu yang sempat mengikuti beberapa film terkenal seperti Star Wars pasti sudah tidak asing lagi dengan ini. Hingga awal abad 21 belum ada teknologi hologram yang benar-benar mirip seperti film.

Namun pria asal Texas, Jaime Ruiz-Avila namanya akan tercatat dalam sejarah sebagai penemu hologram display pertama di dunia.

Lewat halaman penggalangan dana Kickstarter, pria jebolan Virginia Tech tersebut mengenalkan prototipe hologram buatannya yang disebut Holovect.

Holovect mampu memproyeksikan objek dalam bentuk tiga dimensi di udara. Dalam videonya terlihat sejumlah bentuk geometris bisa tergambar dan bergerak layaknya hologram pada film.

Agar suatu objek dapat tertangkap di udara, diperlukan perangkat yang mampu menghasilkan udara dengan kapasitas refraksi.

hologram, holovect, hologram pertama di dunia, proyeksi 3d
Holovect bukanlah hologram

Meski demikian Ruiz dan timnya tidak mengklaim bahwa penemuannya pantas disebut hologram. Sebab proyeksi membutuhkan udara yang direfraksikan, tidak bisa bekerja pada ruang hampa seperti konsep hologram sejati.

Untuk itulah Ruiz menyebut Holovect sebagai proyeksi tiga dimensi, bukan hologram. Terlepas bahwa rancangannya mendekati hologram.

Soal fungsi, Holovect dapat digunakan untuk memproyeksikan benda sebelum dicetak oleh printer 3D. Di samping itu kamu bisa menggunakannya untuk branding sebuah produk.

hologram, holovect, hologram pertama di dunia, proyeksi 3d
Holovect bersifat open-source, siapapun boleh berkreasi dengannya

Kabar baiknya Holovect sudah bisa dipesan mulai harga $799 atau Rp 10 jutaan dan akan tiba di tangan pemesan pada Juni 2017.

Bagi kamu yang ingin menikmatinya tanpa membeli, Holovect menyediakan penulisan nama yang videonya akan dikirim lewat internet. Untuk paket ini biayanya hanya Rp 100 ribuan.

Sumber: Kickstarter