Cara konvensional untuk menonton film 3D pasti membutuhkan kacamata 3D. Ketika kita masuk ke gedung bioskop biasanya akan disediakan kacamata khusus untuk menikmati setiap scene film dalam format tiga dimensi.

Dalam makalah terbaru tim dari Science and Artificial Intelligence Lab Massachusetts Institute of Technology bersama Israel Weizmann Institute of Science telah mendemonstrasikan tampilan layar yang memungkinkan penonton film 3D tanpa kacamata tambahan.
Penemuan bernama Cinema 3D ini masih dalam versi prototype. Di dalamnya terdapat lensa dan cermin yang mampu menimbulkan kesan kedalaman terhadap suatu objek.
“Dengan desain yang cermat dari elemen optik, kita bisa mendapatkan konten 3D berkualitasbaik tanpa menggunakan kacamata,” kata rekan penulis studi Piotr Didyk.
Teknologi ini membebaskan penonton dari kewajiban menggunakan kacamata 3D. Namun penemuan ini sendiri masih punya kelemahan.
Penonton harus duduk di posisi yang tepat agar bisa melihat film dengan sempurna. Itu artinya hanya sejumlah kecil ruang dapat dipakai sebagai kursi penonton. Terlepas dari itu, tim peneliti masih terus mengembangkan teknologi tersebut.
Penelitian ini didanai oleh Israel Science Foundation and the European Research Council.

Bagaimana pendapatmu terkait teknologi ini? Apakah layak untuk digunakan?

Sumber: MIT