Memusnahkan sel kanker pada tahap awal merupakan pilihan yang sulit. Hal ini dikarenakan sulitnya memusnahkan sel kanker tanpa merusak jaringan yang lain.

VTP(Vascular Targeted Photodynamic) merupakan salah satu metode perawatan dimana bahan kimia yang sensitif terhadap cahaya, WST11.

Penderita_kanker_prostat
Penderita kanker prostat kini tidak perlu kuatir dengan terapi laser

Bahan kimia tersebut disuntikan kedalam peredaran darah melalui kelenjar ginjal melalui serat laser. Bahan kimia tersebut kemudian diaktifkan oleh laser guna membunuh selaput kanker.

Berdasarkan hasil uji coba, metode ini cukup efektif dalam mengurangi pertumbuhan sel kanker, bahkan memusnahkan sel kanker sepenuhnya.

Analisa_kelenjar_prostat
Analisa kelenjar prostat untuk menentukan lokasi selaput kanker secara akurat

Adapun efek samping dari metode ini adalah masalah pada kandung kemih dan ereksi. Meski demikian efek tersebut hanya bersifat sementara.

Mark Emberton, urologist University London College Hospital, menyatakan bahwa ini adalah “lompatan jauh” karenakan terapi laser terkadang memicu kanker lain, misalnya kanker payu darah.

Penyaluran_WST11_ke_dalam_peredaran_darah
WST11 akan disalukrkan kedalam peredaran darah melalui kelenjar ginjal

Embert juga menyatakan meski VTP ini dikembangkan untuk penderita kanker prostat, tidak menutup kemungkinan bahwa metode ini akan dikembangkan lebih lanjut untuk jenis kanker yang lain, seperti kanker payu darah dan kanker hati.

Sumber : UCL