Sebuah perusahaan berbasis di Utah, Amerika Serikat baru saja meluncurkan drone yang diklaim paling cepat di dunia.
Drone yang diberi nama Teal ini berbasis quadcopter dengan empat baling-baling sebagai penggeraknya. Teal mampu menembus 137 kilometer per jam dimana rata-rata produk sejenis belum mampu mencapai 100 km per jam.

Menariknya, desain Teal berbeda dengan drone racing. Ia menggunakan bodi tertutup yang sederhana. Bobotnya hanya 250 gram dengan daya angkut 730 gram.

Teal Klaim Jadi Drone Tercepat di Dunia

Fitur kamera on-board mampu merekam video 4K pada 24 fps. Untuk meredam getaran dan guncangan ketika terbang, video dilengkapi stabilisasi elektronik yang mirip seperti Parrot Bebop dan Lily.

Begitu juga soal transmisi video dapat mengirimkan kualitas gambar 720p ke smartphone secara real-time sebagai mode FPV.

Soal kecepatan, pihak perusahaan mengatakan drone lain pun bisa menyamai Teal namun biasanya ditempuh dengan modifikasi. Berbeda dengan Teal bahwa kecepatan itu sudah diatur sesuai standar produksi.

Teal Klaim Jadi Drone Tercepat di Dunia

Teal dipersenjatai oleh processor Nvidia Jetson TX1 yang secara khusus dapat mengolah berbagai kemampuan drone. Seperti video 4K, waypoint, autonomous flight, return to home, follow me mode, dan sebagainya.

Sayangnya, Teal tidak hadir satu paket dengan kontroler fisik. Sebagai gantinya ia secara penuh dapat dikendalikan dengan smartphone. Meski begitu, drone dengan processor 64-bit ini memungkinkan kamu menggunakan transmitter lain

Soal harga, drone ini terbilang cukup mahal. Satu unit Teal dihargai $1299 atau kisaran Rp 17 jutaan. Meskipun begitu ia mengusung kemampuan sistem yang memuaskan.

Sumber: Teal Drones