Lynq
LynQ beroperasi secara global tanpa biaya bulanan

Bayangkan kamu terpisah dari kelompok saat menuju lokasi camping di hutan. Tidak ada sinyal atau sistem komunikasi yang bisa tersedia mengingat lokasinya yang terlalu terpelosok. Untungnya di era modern ini kita diperkenalkan GPS yang dapat membantu melacak posisi seseorang secara akurat.

Sebuah proyek startup di Indiegogo memperkenalkan gadget pelacak baru bernama LynQ. Alat berbentuk angka 8 ini dapat melacak posisi seseorang hingga radius 5 kilometer, memanfaatkan kombinasi dari GPS dan gelombang radio.

LynQ setidaknya terhubung oleh dua unit berbeda yang dapat melacak satu sama lain. Pengguna bisa melihat kompas digital pada sebuah layar LCD yang menampilkan jarak dan arah orang lain secara real-time.

Setiap pengguna LynQ dapat bergabung dengan 12 pengguna lainnya yang membentuk satu jaringan. Sistem ini sangat berguna apabila kamu pergi ke daerah dimana sinyal telepon adalah sesuatu yang langka. LynQ tidak memerlukan koneksi dengan ponsel, map, dan tanpa biaya bulanan.

Lynq Tracker
LynQ bisa jadi opsi relevan jika kamu sering bepergian ke daerah pelosok

Rata-rata alat GPS personal saat ini memerlukan biaya data yang harus dibayar setiap bulan. Sebagai contoh, PING beroperasi dengan sinyal A-GPS sehingga bergantung pada ketersediaan jaringan selular.

LynQ hadir dengan fitur untuk memastikan seseorang tidak pergi jauh melewati batas radius. Sebagai contoh apabila LynQ dipasang pada hewan peliharaan, dan ia pergi terlalu jauh dari rumah, pengguna akan mendapat notifikasi segera.

Baterai internal pada LynQ dapat dipakai untuk aktivitas normal hingga 3 hari. Perangkat pelacak ini juga disertai mount untuk bisa dihubungkan pada tas, gelang, atau kalung anjing. Pengembang mengatakan LynQ bersifat waterproof dan tahan di segala cuaca, termasuk hujan, salju, hingga panas ekstrim.

LynQ yang sedang dalam tahap penggalangan dana menjual versi early bird dengan harga mulai $174 sepasang. Perangkat seberat 73 gram tersebut akan memasuki tahap produksi pada Agustus sedangkan pengiriman baru akan dilakukan mulai bulan November.