Smart Vision EQ ForTwo
Kendaraan bernama Smart Vision EQ ForTwo ini akan melayani perjalanan komuter

Frankfurt Motor Show akan menjadi kesempatan bagi Mercedes mengenalkan salah satu konsep mobil masa depan buatannya. Dijuluki Smart Vision EQ ForTwo, mobil mini berpenumpang dua ini akan melayani kebutuhan komuter perkotaan. Lantas apa saja keistimewaan mobil ini?

Sebagai kendaraan masa depan, sudah tentu hanya menggunakan energi ramah lingkungan yakni listrik. Kaca berbentuk cembung mendominasi sisi samping mobil, membuatnya tampak seperti bola hasmter di jalanan.

Smart Vision EQ ForTwo
Pintu mobil dibuka ke atas untuk mengurangi kebutuhan ruang

Walaupun cukup kecil namun ketiadaan kemudi dan pedal memberikan ruang lebih bagi penumpang. Vision EQ ForTwo memang dirancang untuk melakukan kemudi otomatis tanpa interaksi manusia. Namun untuk membuat sistem ini perusahaan harus berupaya ekstra agar mobil bisa berimprovisasi dalam keadaan darurat.

Smart Vision EQ ForTwo bisa dipesan melalui smartphone. Pemesan hanya perlu menunggu sampai mobil datang menjemput. Uniknya kamu akan disambut dengan layar di bagian bemper bertuliskan namamu. Layar ini juga dapat difungsikan untuk navigasi, menginformasikan tujuan mobil.

Mercedes mengklaim kendaraan ini memiliki sistem pintar yang dapat mengetahui wilayah yang sering mendapat pesanan. Mobil akan parkir di sekitar sana sehingga penumpang tidak perlu menunggu lama. Kurang lebih mirip seperti ojek online yang ‘mangkal’ di titik-titik dimana banyak pemesan.

Smart Vision EQ ForTwo
Panel surya untuk menyerap energi dan menyalurkannya ke mobil

Ketika baterainya hampir habis, mobil akan menuju spot pengisian energi dengan sendirinya, tentu dengan syarat tidak ada penumpang aktif di dalam. Rencananya Mercedes akan menyediakan stasiun pengisian dengan panel surya sebagai solusi untuk mengurangi konsumsi jaringan listrik kota.

Smart Vision EQ ForTwo tidak tersedia sekarang, namun menjadi bagian dari visi Mercedes untuk mewujudkannya pada 2030. Perusahaan juga sebelumnya mengumumkan kendaraan serupa dalam format Future Bus.

Berikut video Smart Vision EQ ForTwo: